KAMPUNGKU

 

Hasan Basri Agus terpilih menjadi Bupati Sarolangun masa ja­batan 2006-2011. Beliau adalah sosok yang sangat dekat dengan rakyatnya. Pada 31 Juli 2007 lalu, Hasan Basri Agus tepat satu tahun memerintah di Kabupaten Sarolangun. Dalam waktu setahun, sebagian program pembangunan telah dilaksanakannya bersama Wakil Bupati Cek Endra.

 

Dalam memerintah, Hasan Basri Agus atau dikenal dengan sebutan HBA ini berjanji akan memprioritaskan semua program yang mengarah pada pengentasan kemiskinan dan peningkatan pendidikan di Sarolangun. Dia meminta pembangunan di kawasan pedesaan mengarah ke pengentasan 8.102 keluarga Pra Sejahtera.

 

Bupati yang dikenal baik dan disebut-sebut bakal ikut “bertarung” menjadi Gubernur pada Pilkada Provinsi Jambi tahun 2009 ini, punya kharismatis dan sederhana. Dalam memipin Sarolangun, dia punya akan membawa Sarolangun dengan visi; EMAS ( ekonomi maju, aman, adil, dan sejahtera) .

 

Apa yang menjadi sektor prioritasnya?

(1) Membebaskan biaya pendidikan mulai dari SD sampai SMU, memberikan beasiswa untuk para putra-putri Sarolangun.

(2) Pembebasan biaya berobat di tingkat Puskesmas untuk semua orang, karena kesehatan adalah kebutuhan mendasar bagi masyarakat di pedesaan.

(3) Membebaskan biaya pembuatan KTP, Kartu Keluarga (KK) dan akte kelahiran.

 

Ketiga prioritas tersebut sudah diterapkan mulai 1 Januari 2007,.

 

“Terpenting, sasaran pembangunan harus menyentuh kepentingan masyarakat. Dan, jangan coba-coba KKN,” tegasnya saat berkunjung dan beramah tamah dengan pengurus dan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Sarolangun (HMS) Cabang Padang, akhir Desember 2007 lalu.

Sarolangun, sebuah kabupaten di Provinsi Jambi memiliki keunikan agraris khas Indonesia. Kabupaten ini tidak saja mengandalkan tanaman keras palawija tetapi juga memiliki kekayaan bumi, yaitu minyak dan gas. Kekayaan ini sekaligus menguji pelaksanaan otonomi daerah di Sepucuk Adat Serumpun Pseko ini.

Pelaksanaan otonomi daerah seolah menantang daerah mengembangkan daerahnya. Daerah mendapatkan peran lebih untuk mengatur daerahnya termasuk mengatur alur pemasukkan dan pengeluaran. Ini membutuhkan seorang pemimpin dengan kemampuan mengatur daerahnya secara baik. Kemampuan mengatur biasalah kita sebut sama dengan kemampuan memimpin.

Lalu bagaimana mengatur daerah dengan potensi kekayaan seperti Sarolangun? Sarolangun tempo dulu adalah Sarolangun dengan predikat daerah tertinggal. Tetapi pada tahun 2008 nanti, Sarolangun sudah mentargetkan 13 M untuk pendapatan satu tahun. Bila dibandingkan dengan PAD tahun 2007 yang melebihi target maka asumsi PAD 2008 tidaklah terlampau muluk.

H. Hasan Basri Agus, Bupati Sarolangun, menyadari kekayaan alam yang belum sepenuhnya dikelola. Hingga saat ini Sarongalun baru mengekploitasi tanaman keras palawija sebagai andalan, seperti karet, kelapa sawit, kopi. Diantara semuanya karet merupakan komoditas andalan. Tahun 2006 luas perkebunan karet rakyat mencapai 117.527 hektar. Kekayaan inilah yang mulai dilirik oleh para investor. Sementara itu Sumber Daya Alam potensial menjadi mulai dikelola dengan maksimal dan dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat.

Pada awal masa tugasnya Hasan Basri Agus, yang biasa disapa HBA, mencanangkan Sarolangun EMAS (ekonomi maju, adil, aman, dan sejahtera) sebagai visi bersama. Tiga pilar utama, yaitu Pemerintah Daerah yang efektif, SDM berkualitas, dan SDA yang potensial menjadi penopang mewujudkan misi tersebut.

E=MC²
Berniat melaju dalam kinerja tentu membutuhkan kemampuan pengelolaan yang baik.
Keleluasan dalam pengelolaan salah-salah membuat daerah terjerumus dalam penyelewengan. Euforia ini sangat mungkin diminimalisir seandainya pengelolaan daerah berlangsung terbuka.

Mengacu pada rumusan E=MC², maka Sarolangun baru menapaki anak tangga bagian pertama. Betapa tidak? Dalam usianya yang masih tergolong muda (berdiri tahun 1999) energi kabupaten ini belum sepenuhnya digunakan. Masih dibutuhkan pembenahan yang menyeluruh. Dan ini menjadi tugas HBA.

Padahal momentum itu sudah terbuka dengan sistem desentralisasi yang bergulir. Sementara komunikasi dan kordinasi masih bertahap. Ini memang bukan perkara mudah. Membangun energy yang maksimal diperlukan sejumlah prasyarat misalnya kesiapan SDM.

Persiapan itu salah satunya dengan penyediaan sarana pendidikan dan kemudahan bagi masyarakat setempat mendapatkan akses sekolah. Selain itu juga Dengan dibebaskannya biaya SPP bagi siswa SMA/SMKdan Madrasah Aliah dalam Kabupaten Sarolangun membuat minat orang tua menyekolahkan anaknya setelah tamat SLTP semakin meningkat.

Buktinya, pada tahun 2006 lalu jumlah siswa SLTA sebanyak 6.529 orang siswa dan tahun 2007 ini sebanyak 7.464 orang siswa atau mengelami peningkatan sebesar 13 persen. Guna meningkatkan kualitas guru sesuai dengan UU No 14 tentang Guru dan Dosen yang mewajibkan guru S 1, secara bertahap Pemkab Sarolangun juga memberikan kesempatan kepada para guru untuk melanjutkan kuliah ke S1. Ada juga yang diberikan beasiswa melalui APBD Kabupaten Sarolangun.

Upaya membuka akses bagi para investor telah dibuka lebar oleh pemerintah. Sejauh ini, Pemkab Sarolangun telah membangun kerjasama dengan beberapa investor di bidang pertambangan, seperti PT BWP Meruap yang melakukan eksplorasi minyak bumi dengan cadangan 23 juta barel, Petro China yang mengelola cadangan 100 juta barel.

Untuk tanaman keras peluang bisnis yang dapat diandalkan meliputi karet, kelapa sawit, dan pertanian. Selain itu peternakan, pariwisata, dan hutan yang cukup menjanjikan.

Terkait dengan pengembangan potensi daerah, Pemerintah Kabupaten Sarolangun meningkatkan pengembangan tanaman nilam yang kini sudah mencapai 150 hektar, yang diusahakan oleh para petani yang bermukim di kawasan Bukit Barisan.

Tujuan pemerintah Kabupaten Sarolangun untuk mengembangkan tanaman nilam di sisi Bukit Barisan juga dalam upaya menjaga kelestarian hutan, agar warga yang bermata pencaharian sebagai penebang liar dapat diarahkan mengembangkan tanaman tersebut.

Kuatnya Karet Sarolangun

Dari kesemuanya, karet adalah komoditas Sarolangun yang mendominasi dalam sektor perkebunan. Kini pihak Pemkab berusaha mendorong pihak ketiga untuk membangun pabrik crumb rubber guna mengolah getah karet yang telah disadap hasil kebun karet rakyat.

Sementara itu, jenis tanaman kedua yang diminati adalah kelapa sawit. Pada tahun 2006, areal perkebunan sawit mencapai 31.846 hektar. Luas areal ini diprediksikan akan terus bertambah sejalan dengan permintaan pasar, utamanya karena harga CPO dunia yang terus meningkat. Sub-sektor lain juga cukup memberikan kontribusi seperti sektor kehutanan yaitu kayu gelondong (logs), sektor peternakan yaitu unggas dan masih banyak lagi sektor alam lain yang berpotensi.

Namun semua kekayaan alam ini tidak lantas membuat Pemkab Sarolangun lengah, Bupati Hasan pun sadar kalau kekayaan alam suatu saat nanti pasti akan habis. Berangkat dari itu pulalah Bupati Hasan juga menempatkan pembangunan SDM sebagai prioritas. Seperti semua siswa mulai dari SD, SMP, sampai SMA/ SMK dibebaskan dari SPP, adanya program beasiswa, dan tak hanya itu Sarolangun juga membuat program setiap tahunnya dengan mencetak 50 orang Sarjana SI, 20 orang Sarjana S2, dan 5 orang Sarjana S3.

Peningkatan SDM juga terlihat dari adanya Program Sarolangun Sehat 2010. Dalam konteks ini, masyarakat diberikan pelayanan kesehatan gratis di setiap Puskesmas, penambahan jumlah tenaga medis, dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan. Dan untuk tahun 2007 ini disediakan anggaran sekitar Rp 30.91 milyar untuk sektor kesehatan atau naik sekitar 36% dari anggaran tahun 2006.

Mengelola Hutan, Peduli lingkungan, Membangun Sarolangun

Kabupaten Sarolangun memiliki karakter wilayah yang sangat spesifik yaitu bentangan wilayah dari barat ke timur, dari dataran tinggi hingga dataran rendah mengikuti Daerah Aliran Sungai (DAS) Limun Batang Asai dan Batang Tembesi dengan puluhan anak sungainya yang tersebar diseluruh kabupaten Sarolangun.

Kondisi yang spesifik ini telah menjadi landasan strategi pembangunan daerah melalui Perda No.6 tahun 2001 tentang Renstra 2001-2006, yang menetapkan 3 zona pembangunan yaitu: Bagian atas/hulu/Barat untuk kawasan lindung, bagian tengah sebagai kawasan pelayanan umum, dan bagian bawah/hilir/timur sebagai kawasan budidaya kehutanan dan perkebunan.

Untuk sektor kehutanan sebagai salah satu sektor yang sangat erat hubungannya dengan pengelolaan DAS, telah muncul beberapa inisiatif seperti pengembangan hutan adat, hutan kota, wanatani yang kesemuanya itu dilakukan oleh masyarakat. Hanya saja cara-cara yang dikembangkan ini belum sepenuhnya mampu memulihkan kodisi hutan yang telah terlanjut terdegradasi akibat pengelolaan dimasa lampau yang terlalu ekspoitatif.

“Untuk itu ke depan, perlu perubahan pengelolaan hutan dari eksploitasi berlebihan menjadi pengelolaan yang lebih berkelanjutan dengan menempatkan masyarakat sebagai pemegang peran utama dan Jangan wariskan air mata kepada anak cucu namun wariskanlah mata air kepada mereka,” demikian menurut Bupati Sarolangun Hasan Basri Agus dalam melihat potensi dan kelangsungan hutan didaerahnya.

Hasan Basri Agus juga menyepakati pentingnya disusun suatu kebijakan/aturan spesifik yang disusun bersama untuk memperkuat kerangka pengelolaan sumberdaya hutan di daerah yang nantinya dapat memperjelas peran serta masyarakat dalam pengelolaan sumberdaya hutan, berdasarkan potensi, masalah, pengalaman, dan harapan masyarakat. Dalam penyusunan kebijakan ini, juga diharapkan dapat dilakukan secara multipihak, untuk melakukan telaah yang menghasilkan naskah akademik dan menyusun/ merumuskan substansinya.

 

Terkait pengelolaan sumberdaya hutan di Kabupaten Sarolangun, pemerintah Kabupaten ini, telah meluncurkan Perda nomor 6 tahun 2001 tentang Strategi Pembangunan daerah. Dalam renstra ini telah dicantumkan tiga wilayah pembangunan yaitu, hulu, tengah dan hilir. Tiga wilayah pembangunan, wilayah atas yaitu. Kecamatan Batang Asai, dan Kecamatan Limun sebagai daerah lindung dan memiliki fungsi sebagai daerah tangkapan air, wilayah tengah yaitu kawasan pelayanan umum, jasa, dan pemerintahan; meliputi Kecamatan Pelawan Singkut, Sarolangun dan Batin VIII, dan kawasan pertanian dan agroforest di Kecamatan Air Hitam dan Pauh di wilayah hilir.


Alhasil, karena kepeduliannya kepada sektor hutan dan pelestarian lingkungan, kabupaten sarolangun menerima anugerah menuju Indonesia Hijau dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup karena dinilai berhasil menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Program menuju Indonesia Hijau mempunyai tujuan untuk melaksanakan pengawasan kinerja pemerintah kabupaten terhadap penataan peraturan perundang-perundangan di bidang konservasi sumber daya alam dan pengendalian kerusakan lingkungan. Program ini sudah dimulai sejak 12 Juni 2006.

Parameter penilaian dalam pemberian anugerah ini meliputi, tutupan vegetasi berhutan, kesesuaian fungsi kawasan, keanekaragaman hayati, daerah penyangga, peran serta masyarakat dan dunia usaha dalam lingkunan, manajemen dan penambahan tutupan vegetasi. Kabupaten Sarolangun berhak menerima penghargaan berupa trophy Raksaniyata. Trophy ini sebagai simbol upaya pengendalian kerusakan lingkungan untuk melindungi kehidupan dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Walaupun seperti yang telah kita tahu bahwa Sarolangun telah banyak mencapai peningkatan, Bupati Hasan dengan sportif bahwa daerah yang dipimpinnya masih menghadapi kendala-kendala. Tantangan yang terbesar menurutnya adalah angka pengangguran sekitar 13% dan jumlah angka kemiskinan mencapai 14%. Maka dari itu Bupati Hasan selalu menekankan konsep 8.102, yaitu pengentasan 8.102 KK yang masuk kualifikasi Pra Sejahtera 1.

 

Kemenangan Rakyat Sarolangun

SAROLANGUN : Hasan Basri Agus-Cek Endra, pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sarolangun, Jambi, hasil pilkada 28 Juni 2006, kini kewalahan menerima undangan syukuran dari warga pendukungnya.

Setelah ditetapkan oleh KPUD Kabupaten Sarolangun sebagai pemenang pilkada dalam sidang pleno Kamis (6/7), di Sorolangun, undangan terus berdatangan dari tokoh masyarakat dan warga setempat untuk mengadakan syukuran,” kata Suhairi, salah seorang anggota tim sukses Hasan-Cek, di Sarolangun, akhir pekan lalu.

“Kami para tim sukses kewalahan dan silih berganti menyambut tamu yang datang menyampaikan undangan syukuran atas kemenangan Pak Hasan-Cek Endra,” katanya. Hasilnya, hampir tiap malam pasangan Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun terpilih untuk periode 2006-2011 itu menghadiri undangan dari masyarakat, baik yang digelar di desa maupun di kecamatan.

Sebagai rasa gembira dan syukur atas kemenangan itu, Hasan Basri Agus-Cek Endra pun menyatakan dengan ikhlas dan tak mengenal lelah melayani permintaan masyarakat tersebut. “Tidak menjadi masalah bagi kami, karena kemenangan ini juga kemenangan rakyat Sarolangun,” kata Hasan Basri Agus.

Hasan Basri Agus-Cek Endra meraih suara terbanyak 58.423 suara (53,30 persen) dari 140.186 pemilih. Sementara pasangan Maryadi Syarif (wakil bupati sebelumnya) yang berpasangan dengan Syahroni (Kadis Perindagkop Kota Jambi) hanya memperoleh 33.000 suara (30,3 persen).

Pasangan Imam (pengusaha)-Mardjoni (salah seorang pejabat Kasubdin Disperindagkop Sarolangun) memperoleh 12.100 suara (11,3 persen), dan Mat Neng (Ketua DPRD Sarolangun) berpasangan dengan Tantowi Jauhari (anggota DPRD setempat) memperoleh 6.040 suara (5,50 persen).

Hasan Basri Agus yang sebelumnya menjabat Sekda Kota Jambi itu akan dilantik menjadi Bupati Sarolangun periode 2006-2011 pada tanggal 29 Juli 2006 mendatang. Pasangan ini diusung Partai Golkar, PAN, PKB, PBB, PKS, dan PKPI. Sedang pasangan Maryadi Syarif-Syahroni dicalonkan Partai PDI Perjuangan dan PKPB.

Sidang pleno KPUD Kab. Sarolangun sendiri, Kamis lalu, mendapat pengamanan ketat dari pasukan anti huru-hara dan tim gegana Polda Jambi. Namun hingga acara berakhir tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sidang pleno yang dipimpin Ketua KPUD Sarolangun Amra Muslim di Sarolangun, juga dihadiri Wakapolda Jambi Kombes Pol Drs Hendra Rukmana, unsur muspika setempat. Pleno berjalan lancar, meski sebelumnya ada kekhawatiran akan ada demo dari para pendukung kandidat cabup/cawabup yang kalah. (Ant)

Comments
  1. iwan says:

    sukses bwat bupati dan wakil bupati,cpat2 bgun mal jd biar tambah asyik

  2. iwan says:

    buat pendidikan nya mga makin maju aja
    dan smoga sarolangun menjadi kabupaten yangmaju dan lebih baik
    ok………..salam mahsiswa jogja

  3. rere says:

    ternyato ado jugo dari kawan sarolangun niiiy …… salam buat cek endra dan HBA dari

  4. slangun says:

    Terima kasih komentarnya. Salam sukses selalu. Mari majukan kampung kito. Kenal lebih jauh send email ke : herrypadek@yahoo.co.id

  5. mariaman says:

    selamat ya

  6. mariaman says:

    ri. ambo juo budak singkuik kini ambo tinggal di medan.tg morawa.kalau waang main2 ka singkuik singgah waang ka rumah ambo .di LIMAU KAPE. pas diate bukik. tanyoo bae.rumah om sinaga itu aya ambo.

  7. haris says:

    masyarakat merangin dukung HBA jadi gubernur jambi 2010-2015

  8. iwan myow says:

    ass……
    firstly,i say congratulation for my bupati
    yang telah membawa sarolangun kampung kita menjadi lebih di kenal di luar daerah seperti sekarang dengan kekurangan dan kelebihan yang ada……
    dan saya berharap pada masa sekarang dimana krisis perekonomian yang menimpa sejumlah daerah agar dapat di tuntaskan secepat nya…
    buat papa saya yang sedang sibuk bekerja h.masturo hardi… selamat bertugas ya pa
    dan maju buat kantor papa BAPPEDA SAROLANGUN….

    dan buat para pejabat sarolangun you are the best and always give to sarolangun city the best..because sarolangun goverment never die…

  9. iwan myow says:

    pak bupati……
    mhon di perhatikan perkembangan olahraga di sarolangun pak,khususnya basket pak soal nya basket olahraga yang mempunyai pamor yang populer…dan bagaimana cerita pembangunan gor di tambir pak…………
    matur tnk you…
    ank jogja sarolangun

  10. slangun says:

    Terima kasih responsnya. Semoga disini kita bisa menjalin komunikasi dengan seluruh putra sarolangun khususnya dan jambi pada umumnya di mana pun berada.

  11. dzalika says:

    pak bupati tlg majukan sepakbola srl, spy srl lebih d kenal

  12. dzalika says:

    pak bupati tlg jln k sma 1 d perlebar, sering terjadi kecelakaan, korban kebanyakan anak sekolah. urgen

  13. tapi sayang…bupati sarolangun Gaptek! sangat Gaptek! kasian ye….hehehehe

  14. ovandi,ST says:

    pak bupati tolong lulusan sarjana khususnya putra daerah untuk diberi kesempatan bekerja diperusahaan yang berinvestasi disarolangun kabupaten yang bapak pimpin.

  15. slangun says:

    Aku setuju itu. Jgn sampai yang dari luar yang masuk, sementara kita hanya jadi penonton. Tetapi, kita harus proporsional juga kalau tidak mampu atau tdk punya skill jgn memaksakan diri. Trus, apakah sesuai kompetensi kita untuk bekerja di perusahaan tersebut.

  16. lando says:

    sukses slalu untuk pembangunan sarolangun. maju terus pantang mundur,tp jangan lupakan daerah transmigrasi,mreka jg pun sudah menjadi putra daerah..kalau ingin maju,tinggalkan nepotisme,biarkan putra dearah yang berkompeten membangun daerahnya sendiri.. saya jg putra daerah sarolangun.. tepatnya dari singkut 1

  17. yazzeer says:

    Dear Bupati,

    Semoga kepemimpinan saudara menjadi landasan yang kokoh untuk perkembangan Sarolangun dimasa datang. salam kami dari Batam

  18. M.Hamka says:

    Saya berdarah sarolangun….saya kagum dgn sarolangun…mari kita bangun bersama…sy pnya saran bagi pemuda sarolangun dmn pun…bagimana kita buat sebuah organisasi?.

  19. Takiddin, S.Pd says:

    Terimakasih Bupati Sarolangun dan jajarannya. semoga niat baik dan usaha serta kerja keras bapak diridhoi Allah.

    Program Beasiswa yang bapak programkan sangat memberikan kontribusi yang sangat berarti bagi Sarolangun.

    maju terus Sarolangun.

    I love my regency

  20. akhiri says:

    sarolangun keren habis

    putra asli sarolangun.

  21. azra'i says:

    suxes selalu buat Drs Hasan Basri Agus (HBA)
    bupati kota tercinta kita sarolangun…
    kami bangga Atas prestasi yg telah diraih oleh sarolagun itu semua berkat kerja keras bpk selam ini.kami bisa melihat itu semua dari penghargaan yg telah bpk peroleh dan perkembagan sarolagun yg begitu pesat.selesaikanlah apa yg tlh bpk mulai yaitu menuju sarolgun Emas.
    kalau bpk maju mnjadi CAGUB PROVINSI JAMBIkami sgt mndkung terutama putra daerah sarolagun dan kami yakin bpk BISA.
    Majulah sarolagun
    I love sarolagun

  22. Fajrie says:

    Kito dukung terus pemerintahan Kabupaten Sarolangun apopun program” pemerintah tu kito dukung selamo itu baguno dan bermanfaat bagi masyarakat Sarolangun…Untuk bang heri jangan lupo untuk selalu memperbaharui halaman blog ko supayo nyaman menjelajah di siko, jangan lupo bang info terbaru Sarolangun dan segalo macam yang berhubungan dengan Sarolangun yo…
    Good Luck & Sucsess

  23. ijal says:

    pak bupati tolong lihat kondisi kemiskinan di kabupaten kito, tolong pantau daerah yang jauh di dalam, mereka sungguh mengharapkan kedatangan bapak dan mengharapkan bantuan dari bapak, jangan menerima PNS dari luar daerah lagi pak, soalnya orang luar itu makan kita dari dalam, insya allah kami semua bakal bisa membantu bapak dimana dan sampai kapanpun….. sekali lagi tolong atasi kemiskinan di kabupaten kito soalnyo daerah kito tu kayo akan hasil alam pak………

  24. itha says:

    Chayooo…buat pak Bupati. Kito samo2 doa kan, apo yg nak di cita2 kan blio sukses sesuai yg di harapkan, krno buat kito juga. Perkara Gaptek, reasonable lah, secara dia sibuk mikirin kito, bukan asik2 santai browsing n chating dll, sayo raso tak ado lagi waktu yg tersisa. so kito dukung bae rencano bangun kampung kito……..

  25. Quraisyi says:

    seorang sosok pemimpin yang baik,jujur dan tegas, saya pribadi bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberi kampungku seorang pemimpin yang bijak & terima kasih banyak kepada bapak H.Hasan Basri Agus dan rekan2nya yang telah memajukan dan mau berjuang untuk kampungku yang tingal.
    kepada bapak H.Hasan Basri Agus saya mengharapkan untuk bisa menjadi calon Gubernur jambi masa yang akan datang, saya sangat mendukung. TERIMA KASIH

  26. PUTRA TERBAIK SAROLANGUN HARUS DI”WAKAFKAN”KE PROPINSI JAMBI UNTUK KEMAJUAN JAMBI KEDEPAN…MARI BERGABUNG DI facebook hasanbasriagus@ymail.com dukung beliau jadi gubernur Jambi 2010..

  27. Sepri doni says:

    pak bupati yang terhormat tolong di perhatikan perkembangan sepak bola kito di sarolangun. mudah2an kota kito terkenal ke daerah lain melalui sepakbola. terimo kasih atas perhatiannyo

  28. muhardi says:

    Saya do’a kan mudah – mudahan pak HBA jadi gubernur jambi,saya berharap pak HBA menjadi pemimpin yang abadi bagi provinsi jambi

  29. muhardi says:

    sukses buat kabupaten sarolangun,maju terus pantang mundur

  30. junaidy says:

    selamat atas perkembagan kota sarolagun saya ucapkan terimahkasi,muju terus bupati ama wakil bupati saya hanya bisa dukung dalam doa sagai anak sarolagun yang merantau cukup jau dikalimantan timur.muju terus SD,SMP,SMA.SAROLAGUN

  31. tejo susilo says:

    tolong dikawasan singkut lampu listrik ditanggulangi dong, sebab hampir 70 % lampu tidak full. trimksih

  32. antonius arif says:

    Saya berharap bisa mengenal Bapak lebih dekat, bisa bertemu juga di facebook. Saya mendukung HBA untuk maju di Pilkada Gubernur Jambi 2010-2014,siapa calon wakil Bapak nanti? Balasan bisa juga langsung ke fitri.alarief@gmail.com
    Makasih Pak………..

  33. rosadi says:

    majulah HBA for Governor Jambi 2010-2015

  34. rosadi says:

    Pak HBA, Kami adalah rakyat Bapak dan Bapak adalah pemimpin kami, sebelum Bapak maju menuju kursi Gubernur Jambi (2010-2015)ada beberapa hal yang perlu Bapak pikirkan al:
    – Konsolidasi kabinet di Pemkab Sarolangun jangan sampai goyah dan kehilangan arah
    – Jangan terlalu banyak buang amunisi, ntar kehabisan disaat perang tiba
    – hargai pak siapapun yang ingin ketemu Bapak, karena 1 kesan akan menjadi 100 dan 1000 kesan bagi yang lain, terkadang bapak hanya peduli sama pejabat pejabat dan kolega-kolega bapak yang notabene seorang pembesar, terkadang bapak lupa dengan orang-orang kecil seperti kami

  35. Dimana-mana kemiskinan selalu menarik untuk di bahas,tetapi bagaimana kemiskinan itu akan teratasi? sementara kualitas pendidikan masyarakatnya kita masih tergolong rendah.menurut saya masyarakat sarolangun bukannya tidak mampu menyekolahkan anak-anak mereka untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,apalagi sekarang ada program pemerintah daerah memberikan beasiswa bagi pelajar/mahasiswa yang kurang mampu,tetapi semangat untuk melanjutkan sekolah yang lebih tinggi masih tergolong rendah,malahan banyak masyarakat kita lebih tertarik untuk honor ketimbang melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.bagaimana SDM masyarakat kita dapat teratasi kalau masalah ini tidak sama-sama kita perhatikan?

  36. ardiansyah says:

    Bapak HBA, maju terus jangan mundur lagi…..
    semoga Bpk Sukses untk pencalonan gubernur yang akan datang…..
    tapi jangan lupo…di pasar jambi pusat kota sangat sembrawut….
    jualan dimano2…pakir dak beraturan…
    jalan hancur… and listrik tiap hari mati terus…. he…he…
    seluruh bahu jalan kaki limo bertebaran……
    sayo yakin di tangan HBA pasti ok….

  37. Eko Susanto says:

    Baru tahu saya kalau Sarolangun ada di Jambi, sepertinya indah juga daerahnya, dan kaya ya..? Tapi jangan lupa prioritaskan kelestarian lingkungan dan sumber daya alam jangan dikuras haabis karena itu titipan anak, cucu, buyut, canggah, wareng dst.

  38. rendi afriandi says:

    buat HBA low misal terpilih jd bgubernnur Prov. jambi ,,,,pembgunannya harus merata lah di smua daerah,,,,jgn pilih kasih la,,,,oke

  39. kamil says:

    pak Bupati yang terhormat, kami bangga jadi oarang jambi terlebih jadi orang sarolangun.memang telah banyak jasa bapak dalam perkembangan kabupaten sarolangun. tapi kami memohon kepada bapak bupati untuk memperbaiki jembatan kami yang mau roboh di singkut 7 D, desa Mekarsarui. jembatan itu merupakan penghubung saran perekonomian singkut 7 D. melalaui ini kami memohon kepada bapak Bupati untuk membangun jembatan tersebut. terima kasih bapak Bupati

  40. kamil says:

    bapak Bupati yang terhormat kami bangga jadi orang jambi terlabih jadi orang sarolangun. telah banyak jasa bapak dalam pembangunan kabupaten sarolangun. namun, kami memohon bantuan pembangunan jembatan di singkut 7 D desa mekarsari pelawan. jembatan itu hampir roboh pak. atas bantuan Bapak kami ucapakan terima kasih

  41. nelly says:

    semoga sukses p dalam PILGUB 2010…….Saya mendukung visi dan misi bapak
    Kiranya Tuhan Menyertai bapak n keluarga senantiasa

  42. umbar wati says:

    mo tanya ne….
    gimana cara ngurus beasiswa dikabupaten sarolangun,kebetulan saya jg warga sarolangun.
    kira2 ada gk beasiswa ikatan dinas dari kabupaten sarolangun????
    low ada gimana cara daftarnya..???
    cos, ada temen kuliah saya dari TANJAB yg memperoleh beasiswa dari pemda TANJAB,jd kpikiran pgen daftar low ada.

  43. ALIN NURAINI says:

    suxes selalu buat Drs Hasan Basri Agus (HBA)
    bupati kota tercinta kita sarolangun…
    kami bangga Atas prestasi yg telah diraih oleh sarolagun itu semua berkat kerja keras bpk selam ini.kami bisa melihat itu semua dari penghargaan yg telah bpk peroleh dan perkembagan sarolagun yg begitu pesat.selesaikanlah apa yg tlh bpk mulai yaitu menuju sarolgun Emas.
    kalau bpk maju mnjadi CAGUB PROVINSI JAMBIkami sgt mndkung terutama putra daerah sarolagun dan kami yakin bpk BISA.
    Majulah sarolagun
    I love sarolagun

    and

    pak bupati tolong lihat kondisi kemiskinan di kabupaten kito, tolong pantau daerah yang jauh di dalam, mereka sungguh mengharapkan kedatangan bapak dan mengharapkan bantuan dari bapak, jangan menerima PNS dari luar daerah lagi pak, soalnya orang luar itu makan kita dari dalam, insya allah kami semua bakal bisa membantu bapak dimana dan sampai kapanpun….. sekali lagi tolong atasi kemiskinan di kabupaten kito soalnyo daerah kito tu kayo akan hasil alam pak………

  44. supardiono says:

    aslkm wrwb
    kpd yth bpk
    bupati sarolangun
    kami mahasiswa dari kabupaten sarolangun yang sedang menyelesaikan study s1 di universitas islam negri sunan kali jaga yogyakarta
    nama : supardiono
    fakjur :dakwah\ social work engnering
    almt asal: lubuk bedorong kec limun kab sarolangn

    sangat membutuhkan dukungan baik moral maupu moril
    untuk keberlansungan proses belajar mengajar dalam rangka menyelesaika stady kami untuk mendapatkan gelar starata 1.
    oleh karena itu kami mengharapkan tindak lanjut realisasi pembangunan asrama asrama mahasiswa kabubaten sarolangun
    di yogyakarta
    selanjutnya kami mengharapkan pemberian bantuan beasiswa untuk anak daerah kabubaten sarolangun.

    yang bertanggung jawab

    supardiono

  45. barock says:

    maju terus sarolangun…

    buat pak HBA..
    maju terus,berita yang ado itu cuma untuk menjatuh kan..
    hal seperti itu biaso dilakukan cuma untuk menggoyahkan keyakinan masyarakat be…
    kami yakin bapak mampu untuk memimpin jambi..
    jambi butuh pemimpin yang tegas,cerdas,jujur, dan bersih..

    “tapi perhatikan dunia pendidikan jambi pak”

    bravo pak HBA…

    barok MAHASISWA SAROLANGUN-YOGYAKARTA,..

  46. dwi manies says:

    buat pak HBA… Tolong donk pak, perhatikan pendidikan di kabupaten sarolangun, khususnya UNJA KAMPUS SAROLANGUN.. Biaya nya sangat mahal, kami dari warga tidak mampu, mau melanjutkan perkuliahan tp dana masuk ke kampus tersebut mahal sekali. apa lagi kalau mau ngambil kuliah siang. biaya nya hampir 7jta.. mohon perhatian dan bantuan bapak. terima kasih

  47. yudha says:

    ooo ia ni pak, kapan listrik di singkut bisa normal 220vac, seperti standart peralatan listrik yang berlaku di Indonesia???

    masa’ kalo jam 17-22 voltage turun drastis 70vac, bahkan bisa sampai 50vac turunnya??? pada siang haripun listrik tak pernah normal 220vac, hanya berkisar max 170vac

  48. afrida lisnaeni says:

    I Love sarolangun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s