Bupati Sarolangun Raih Leadership Award 2007

Posted: 01/02/2008 in KABA KAMPUNG KITO

HBA Terima Leadership 2007Jakarta: Tanggal 22 Desember 2007, Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) menganugerahkan Leadership Award kepada 12 Kepala Daerah. Acara ini disiarkan langsung oleh TVRI Nasional jam 15.00WIB. Dalam penjaringan siapa-siapa yang dipandang layak menerima anugerah Leadership Award 2007, dilakukan oleh Tim LeadershipPark. Kegiatan ini adalah kelanjutan dari Leadership Award 2006.

Leadership Award 2007 ditargetkan untuk menemukan pemimpin-pemimpin bangsa dari daerah. Para Pemimpin Bangsa di daerah ini dipandang telah memberikan perhatian besar pada daerahnya dengan orientasi kebangsaan berhasil dalam hal mengaplikasikan secara praktis Triple Track Strategy dan pencapaian-pencapaian yang mengacu Millenium Development Goals (MDG’s).

Misi LeadershipPark adalah untuk memperkuat dan menyebarluaskan kepemimpinan daerah yang berprestasi. Bila daerah kuat maka bangsa Indonesia akan kuat. Unsur penting dari kepemimpin daerah adalah kemampuan mengelola daerah dengan segala potensi dan kendalanya. Daerah yang kaya sumber daya alam, bila dikelola oleh pemimpin yang kompeten akan menghasilkan kemakmuran. Sebaliknya, daerah yang miskin sumber daya alam bila dikelola oleh pemimpin yang kreatif dan inovatif akan menghasilkan kesejahteraan bagi masyarakatnya.

Keberhasilan pembangunan bangsa Indonesia, tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, namun juga ditentukan oleh kemampuan para pimpinan daerah. Karena itu sebagai pelaku langsung pembangunan, pimpinan daerah harus memiliki peran yang lebih kuat dan lebih luas daripada sebagai administrator pemerintahan, namun pimpinan daerah harus berperan sebagai inisiator. Inilah yang menjadi dorongan penting untuk melahirkan pemimpin-pemimpin daerah yang inovatif, kreatif, dan memiliki integritas yang tinggi dalam kerangka NKRI.

Team LeadershipPark yang dipimpin oleh Direktur Executive, Danang Girindrawardana, menyatakan ada lima hal penting bagi para Kepala Daerah sehingga dipandang layak menerima Leadership award 2007, yaitu: (1) kemampuan meningkatkan daya saing daerah, (2) kemampuan menjalankan kewenangan wajib daerah antara lain pendidikan, kesehatan, penanggulangan kemiskinan (3) kemampuan menjalankan tata laksana pemerintahan daerah yang mengacu pada good corporate local governance, dan (4) kemampuan meningkatkan profesionalisme aparatur daerah, (5) memiliki kebijakan yang berdampak positif bagi kepentingan bangsa.

Pengamatan dan penilaian yang telah dilakukan Tim Juri yang dipimpin oleh Kris Budihardjo, melalui analisa database dan kajian lapangan untuk memvisualkan secara langsung kemajuan daerah beserta penilaian masyarakat daerah dan secara sosiometrik dari sesama kepala daerah dan tokoh nasional. Kajian ini dipaparkan melalui uji publik yang ditayangkan langsung oleh TVRI Nasional, sejak tanggal 3 November 2007 sampai 15 Desember 2007.

Daftar penerima penganugerahan Leadership Award 2007, sebagai pemimpin bangsa di daerah, yaitu:

1. H. Hasan Basri Agus (Bupati Sarolangun-Jambi)
2. Ir. Eddy Santana Putera, MM (Walikota Palembang-Sumatera Selatan)
3. Ir.H. Ilham Arif Sirajuddin (Walikota Makassar-Sulawesi Selatan)
4. Ir. Joko Widodo (Walikota Surakarta)
5.
Hery Zudianto (Walikota Yogyakarta)
6. Drs. Warman Suwandi, MM (Bupati Kaur-Bengkulu)
7. Yusak Yaluwo, SH, M.Si (Bupati Bouven Digoel-Papua)
8. H. Andi Rudiyanto Asapa, SH (Bupati Sinjai-Sulawesi Selatan)
9. Drs. Dedi Supardi, MM (Bupati Cirebon-Jawa Barat)
10. H. Irianto MS Syaifuddin (Bupati Indramayu-Jawa Barat)
11. Syamsu Rahim (Walikota Solok-Sumatera Barat)
12. Ir. H. Amran Nur (Walikota Sawahlunto-Sumatera Barat)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s