KPK Tetapkan Dua Tersangka

Posted: 01/02/2008 in BERITA PROVINSI

Kasus Korupsi Mess Jambi

JAMBI : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan dua tersangka kasus dugaan korupsi penyelewengan dana proyek pembangunan gedung perwakilan Jambi di Jakarta (Mess Jambi) di Jalan Cidurian No 17 Jakarta Pusat. Dua tersangka ini ditetapkan Rabu (30/01)

Juru Bicara KPK Johan Budi ketika dihubungi koran ini via ponselnya, tadi malam membenarkan penetapan tersangka tersebut.

“Dua orang tersebut ditetapkan sebagai tersangka karena penyidik KPK memiliki alat bukti terhadap penyelewengan proyek yang menggunakan memakai dana APBD 2003-2004 yang merugikan negara Rp 32 miliar,”ujar mantan wartawan ini, semalam.

Saat disinggung siapa nama tersangka? Johan enggan menyebutkan. ” Nanti Senin akan saya kasih tahu. Tunggu saja waktunya. Pasalnya, sekarang KPK masih melakukan investigasi untuk menguatkan bukti-bukti,” katanya.

Edy Wahyu, Koordinator tim KPK, ketika dijumpai koran ini di ruang Rupatama Polda Jambi usai melakukan pemeriksaan enam saksi, membenarkan telah ditetapkannya tersangka Mes Jambi. “Tersangkanya sudah ada. Yang jelas tersangkanya lebih dari satu,” tegas Edy Wahyu.

Lebih jauh Edy mengatakan, dari tersangka yang sudah ditetapkan pihaknya kemungkinan akan ada tersangka baru lagi. “Pasti ada tersangka baru, hal ini tergantung dari keterangan dari para saksi yang diperiksa,” katanya.

Sementara itu, Komisi Pemeriksaan Korupsi (KPK), Kamis (31/01) kemarin, memeriksa enam saksi dari pejabat Pemprov Jambi dalam kasus mes Jambi. Para saksi tersebut diperiksa tim KPK di Ruang Rupatama Polda Jambi, sejak pukul 09.00 hingga pukul 18.00 WIB.

Koordinator tim Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) Edi Wahyu kepada koran ini usai pemeriksaan menyatakan, ada enam saksi yang mereka periksa. Mereka adalah, Murjani Ahmad dalam kapasitas sebagai mantan Kepala Biro Perlengkapan Provinsi Jambi 2002-2004, Azis (kini menjabat asisten I Kabupaten Muarojambi) diperiksa dalam kapasitas sebagai mantan Kepala Kantor Perwakilan Jambi tahun 2003, Isrorul (Staf Balitbangda Provinsi Jambi) diperiksa sebagai Staf Azis di Kantor Perwakilan, Kertanegara Staf di Biro perlengkapan, Fauzi mantan Kabag Biro Perlengkapan dan Bambang Pejabat di Pemprov Jambi.

Lantas siapa lagi yang bakal diperiksa, menurut Edy rencananya pihaknya akan melakukan pemeriksaan kembali Senin (04/02) mendatang. “Kita hari ini ke Palembang, untuk menambah data terkait kasus ini. Rencananya Senin kita bertemu kembali,” tutur Edy Wahdyu Koordinator tim KPK didampingi Candra dan Erwanto.

Siapa yang bakal diperiksa Senin mendatang? Edy mengaku belum tahu. Ketika ditanya tentang Sudiro, pelaksana pembangunan mes Jambi, Edy menyatakan belum bisa diperiksa karena harus menunggu izin dari Mahkamah Agung. Apa Kemungkinan Sudiro bakal jadi tersangka? Pasti. Alasannya, dalam Undang-Undang Korupsi itu antara penyelenggara dan rekanan itu satu rangkai. Tidak mungkin penyelenggara ditetapkan tersangka, sementara rekanan tidak. Begitu juga sebaliknya.

Pantauan koran ini di Polda Jambi, dari pukul 09.00 hingga pukul 14.00 ada tiga saksi yang diperiksa. Murjani Ahmad yang pernah menjabat Kepala Biro Perlengkapan Provinsi Jambi 2002 dan 2004 diperiksa oleh anggota KPK atas nama Candra, Azis mantan Kepala Kantor Perwakilan Jambi tahun 2003 diperiksa oleh Edy Wahyu dan Isrorul Pimpinan Pelaksana (pinlak) diperiksa oleh Erwanto.

Pemeriksaan ketiga pejabat dalam statusnya sebagai saksi ini, terlihat santai. Dan yang hanya tampak tegang Isrorul dan Azis. Sementara Murjani Ahmad terlihat santai tampa sedikitpun ada beban. Murjani yang ditemui koran ini sekitar pukul 10.00 WIB saat buang air kecil, menolak berkomentar ketika ditanya terkait pemeriksaan dirinya.

“Saya tidak tahu, tanya saja kepada penyidik,” ungkapnya. Namun, seusai pemeriksaan sekitar pukul 13.30 WIB kemudian keluar ruangan sekitar pukul 14.00 WIB, Murjani menyambut baik ketika disambangi para wartawan.

Menurut pengakuan Murjani, dirinya diperiksa hanya sebagai saksi, dan hanya melengkapi keterangan dari hasil pemeriksaan dirinya sebelumnya. ” Saya untuk ketiga kalinya diperiksa KPK. Pertama di Jakarta, dan selanjutnya di Jambi,” katanya.

Lalu apa saja materi pemeriksaan? Murjani mengatakan, mengenai materi pemeriksaan tanya saja dengan KPK. Tapi, mengenai pertanyaan yang dilontarkan kepadanya, Murjani mengatakan, dirinya hanya dimintai keterangan terkait tugas saat dirinya menjabat sebagai Kepala Biro Perlengkapan tahun 2002 dan 2004.

Sedangkan Azis Asisten I Pemkab Muarojambi serta Mantan Kepala Perwakilan tahun 2003 kepada koran ini mengakui dirinya diperiksa terkait masalah Mes Jambi dan sudah dua kali diperiksa.

“Untuk selanjutnya tanya saja ke penyidik KPK,” tuturnya sambil berlalu. Begitu juga Isrorul yang menjabat Pimpinan Pelaksana (Pinlak) juga mengakui mengenai pemeriksaan dirinya terkait Mes Jambi. Namun, ketika ditanya materi pemeriksaan Isrorul menyarankan langsung saja ke penyidk KPK.

Hingga pukul 13.30 WIB pemeriksaan tiga saksi tersebut berakhir dan mereka menandatangani Berita Acara Pemeriksaan, kemudian makan siang dan keluar meninggalkan ruang pemeriksaan Rupatama Polda Jambi.

Selanjutnya, sekitar pukul 15.00 hingga pukul 18.00 WIB, KPK kembali memeriksa tiga saksi lagi yakni, Kertanegara Staf di Biro perlengkapan, Fauzi Staf Biro Perlengkapan dan Bambang salah satu Pejabat Pemprov Jambi.

Pemeriksaan ketiga saksi tersebut terlihat tegang. Hingga akhir pemeriksaan ketiga saksi tersebut tidak bisa dikonfirmasi para wartawan karena berhasil mengelabuhi wartawan saat keluar dari ruangan pemeriksaan.

Sebagaimana diketahui, kasus dugaan penyelewenangan pembangunan Mes Jambi tersebut terkuak berdasar temuan auditor independen BPK Perwakilan II Palembang terhadap Laporan APBD Provinsi Jambi tahun anggaran 2004. Laporan tersebut membeberkan ketidakberesan pembangunan Mes Pemprov Jambi.

Diduga, kontraktor, dalam hal ini PT Cipta Pesona Usaha (PT CPU), berusaha mendapatkan keuntungan dengan cara yang tidak wajar. (jambiekspres)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s