India Bangun PLTU 500 MW

Posted: 14/02/2008 in KABA KAMPUNG KITO

SAROLNGUN: Perusahaan India bergerak dibidang sumber daya energy (Monnet Ispat & Energy Limeted) akan menjalin kerja sama dengan pemerintah Provinsi Jambi membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 500 MW di Sarolangun dan Bungo.Dalam pertemuan pihak Monnet dengan Gubernur Jambi H Zulkifli Nurdin didampingi Bupati Sarolangun H Hasan Basri Agus dan Bupati Bungo Zulfikar Achmad di Jambi, Rabu, menyepakati akan membuat perjanjian (MoU) di Jakarta pada 21 Januari 2008.Gubernur Zulkifli mengatakan, menyambut baik keinginan investor India untuk membangun PLTU di mulut tambang batubara di Kabupaten Sarolangun dan Bungo.

“Namun kerjasama itu harus jelas bentuk shar-nya, kita juga perlu tau garansi atau bank penjamin, sebab kita tidak mau investor itu hanya modal dengkul,” katanya.

Sementara itu, Bupati Sarolangun Hasan Basri Agus mengatakan, tindaklanjut kerjasama itu tergantung Pemprov Jambi.

Sedangkan Pemkab Sarolangun hanya menyediakan sumber bahan bakar batubara yang saat ini hasil rekaan cadangan yang dimiliki mencapai 399 juta ton dengan kandungan kalori 4.800 sampai 6.800.

Ia mengakui kerjasama itu nanti juga dengan PLN sebagai pembeli atau menyalurkan listrik.

Dalam keterangan terpisah Nuhendi, mitra perusahaan Monnet India untuk Indonesia, menjelaskan, pihaknya menjalin kerjasama dengan Pemprov Jambi membangun PLTU 500 MW tahap pertama, karena nantinya akan terus mengembangkan peningkatan kapasitas terpasang hingga 1.000 MW untuk memenuhi kebutuhan listrik di Sumatera.

Bentuk kerjasama itu membutuhkan tahapan lanjutan seperti pra dan studi kelayakan dimana lokasi PLTU yang tepat, serta perjanjian lain yang mengikat hingga memiliki kekuatan hukum yang kuat.

Perusahaan tersebut masuk ke Jambi untuk membangun PLTA karena melihat potensi batubara di Jambi yang terukur mencapai 1,5 miliar ton memungkinkan bisa bertahan 20 sampai 30 tahun mendatang.

Selain kalori batubara yang masih rendah amat tepat untuk digunakan sumber bahan bakar pembangkit, kata Nuhendi. (kapanlagi.com)

Comments
  1. djoko says:

    Salam Sukses buat masyarakat kab Sarolangun, terutama kampung halaman saya di kec pel singkut, tepatnya di singkut IV. saya pribadi mendukung dan bangga atas terbentuknnya kab sarolangun, karena segala bentuk urusan tidak lagi jauh-jauh ke kota banko. masalah Listrik memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas terutama masayarakat yang jauh dari kota sarolangun, Di Singkut pemerataan jaringan Listrik sudah meluas bahkan sudah sampai ke pelosok desa. Saya bangga dengan kemajuan selama ini. Saya mungkin ingin menyampaikan sedikit, tentang pemerataan listrik sebagau sumber kehidupan, Di desa kami di singkut IV jaringan listrik dari jalan lintas sumatera sampai ke desa hanya sampai 3 Km. padahal inkam pendapatan masyarakat di Skt IV tidak kalah dgn desa lain. Setiap saya liburan ke desa, saya lihat rumah =-rumah megah, bagus-bagus. Bahkan di garasi sudah banyak dipparkir mobil pribadi. Bukan desa tersebut tertinggalkan. desa lain terang benderang,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s