Banyak Petugas tak Paham Fungsi Puskesmas

Posted: 20/02/2008 in KABA KAMPUNG KITO

SAROLANGUN – Ini pernyataan menarik dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun, H Sirojuddin Hamid, M Kes. Apa katanya? Banyak petugas kesehatan tidak mengetahui fungsi Puskesmas yang sebenarnya dan beranggapan Puskesmas hanya sekedar tempat berobat.

“Puskesmas bukan hanya sekedar tempat berobat, tapi Puskesmas berfungsi sebagai sarana pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya,” katanya kepada Sarolangun Ekspres, baru-baru ini.

Anggapan orang selama ini Puskesmas hanya sekedar tempat berobat, padahal masih banyak lagi fungsi dari Puskesmas. Imej itulah yang sekarang berusaha dirubah oleh pihaknya, dengan cara melakukan sosialisasi kemasyarakat maupun terhadap petugas kesehatan sendiri.”Puskesmas beda dengan Rumah Sakit, kalau Rumah Sakit tugasnya hanya sekedar mengobati orang yang sakit,” ujarnya.

Menurut Sirojuddin ada tiga fungsi pokok sebuah Puskesmas yaitu pusat pembangunan berwawasan kesehatan, pusat pemberdayaan masyarakat dan pusat pelayanan kesehatan.

Parahnya ungkap Sirojuddin, petugas kesehatan di Puskesmas sendiri banyak yang tidak mengetahui fungsi utama dari Puskesmas tersebut, yang mengakibatkan fungsi Puskesmas yang sebenarnya tidak berjalan.

Lebih jauh dikatakannya, Puskesmas bertanggung jawab terhadap masalah yang berkaitan dengan kesehatan di dalam satu kecamatan yang menjadi wilayah kerjanya.

“Jadi Puskesmas bukan sekedar tempat berobat, tapi Puskesmas juga bertugas dalam berbagai hal-hal lain seperti mengajarkan cara hidup sehat kepada masyarakat serta merubah kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik dalam suatu masysrakat,”terangnya.

Kedepannya, Puskesmas akan lebih banyak bergerak ketengah masyarakat seperti melakukan sosialisasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan. (jambiekspres)

Comments
  1. MUS says:

    BANYAK PUKESMAS DI ACEH MASIH DI PINPIN OLEH DOKTER,SEHINGGA PELAKSAN PUNGSI PUKESMAS TIDAK BERJALAN SEMESTINYA BAIK ITU SEBAGAI PEMBANGUNAN SARANA KESEHATAN DIWILAYAH KERJANYA.KARENA MASIH DITITIK BERATKAN KEPADA PENGOBATAN.DISINI SAYA HARAP PUKESMAS HARUS DI KEMBALIKAN KEPADA PUNGSI YANG SEMULA ,AKTIFKAN TENAGA KESEHATYAN BAIK SARJANA KEPERAWATAN MAUPUN SARJANA KESEHATAN MASYARAKAT. DALAM MELAYANI MASALAH KESEHATAN DI MASYSRAKAT ,KARENA ORANG ITULAH YANG LEBIH MEMAHAMI TENTANG TUGAS ATAU PUNGSI DARI PUKESMAS ITU SENDIRI.DI SINI MENKES HARUS BERPIKIR LAGI TENTANG ITU.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s