Mantan Bupati Sarolangun Cabup Merangin

Posted: 20/02/2008 in BERITA PROVINSI, KABA KAMPUNG KITO

Status Madel Riskan Bagi PDIP

JAMBI: Penetapan H M Madel sebagai calon Bupati Merangin berpasangan dengan Zainul Arfan oleh Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP), terdapat nilai plus minusnya. Plusnya, mantan Bupati Sarolangun itu merupakan kandidat yang berpengalaman di bidang birokrasi dan memiliki basis masa cukup banyak.

Sedangkan nilai minusnya adalah status Madel yang sampai saat ini masih belum jelas dalam kasus Dermaga Ponton. Keputusan kasasi dari Makamah Agung (MA) belum turun. Dan ini nantinya bisa sangat riskan bagi PDIP dan Madel sendiri untuk bertarung memperebutkan posisi nomor satu di Kabupaten Merangin.

Namun, sepertinya hal tersebut tidak mempengaruhi PDIP untuk mengusung Madel. Dihubungi kemarin, Ketua DPD PDIP Provinsi Jambi, Irzal Yunus mengaku pihaknya tidak terlalu mengkhawatirkan status Madel tersebut. Dia mengatakan, pengusungan Madel telah dipikirkan secara matang jauh sebelumnya.

‘’Saya memang tidak mengetahui hukum secara mendetail. Yang pasti kami tidak terlalu mencemaskan hal itu, ini sudah pikirkan sebelumnya,’’ ungkap Irzal, Minggu (17/2) kemarin. Dikatakannya, pada saat pemanggilan Madel beberapa waktu lalu, PDIP telah mempertanyakan status tersebut. Menurut Irzal, Madel menyakinkan bahwa dirinya tidak bersalah dan tidak akan terjegal pada saat mendaftar di KPUD Merangin Maret mendatang.

‘’Status ini sudah kami pertanyakan, kami juga tidak mau nantinya Madel tidak bisa mendaftar. Tapi dia (Madel) mengatakan sudah tidak ada masalah dengan kasus hukum tersebut dan saya yakin itu. Kami tidak gegabah dalam mengusung kandidat. Semua sudah kami tanyakan. Dan Madel menjamin tidak akan terganjal di KPUD,’’ ujarnya.

Ditanya siapa yang berperan menyukseskan Madel untuk mendapatkan perahu PDIP, Irzal mengatakan sedikit banyak ada peran Mantan Bupati Tanjungjabung Barat, Usman Ermulan. ‘’Tentu saja Usman berperan menyakinkan PDIP untuk mengusung Madel. Dia itu selain Ketua PDK Jambi juga teman akrab saya sekaligus pasangan saya pada Pilgub 2005 lalu,’’ katanya seraya mengaku alasan PDIP memilih Madel sebagai jago ketimbang kandidat lainnya seperti Nalim, Bukhari Adam dan Handayani adalah karena Madel menggaet kader PDIP untuk menjadi pendamping di Pilbup Merangin.

‘’Sebelumnya kita ada aturan dalam pengusungan kandidat, yakni membawa kader internal PDIP sebagai pendamping. Dari sekian banyak yang mendaftar di PDIP, hanya Madel yang menggandeng kader PDIP, yakni Ketua DPC PDIP Merangin, Zainul Arfan,’’ tukas suami Agneta Singadekane Wasekjen DPP PDIP ini.

Di tempat terpisah, Madel yang kini menjabat Wakil Ketua DPP Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) Provinsi Jambi, mengatakan bahwa dirinya tidak bermasalah dalam kasus Dermaga Ponton tersebut. Dirinya optimis jika bisa mendaftar di KPUD Merangin dan lolos sebagai Cabup Merangin.

‘’Saya tidak korupsi dalam kasus Ponton, itu murni karena bencana. Disamping itu Dermaga Ponton ini belum selesai. Mereka saja yang berdemo dan menuduh saya korupsi,’’ ujarnya. Dikatakan, dibebaskannya Pimpro dan Pemborong oleh Pengadilan merupakan bukti bahwa dirinya tidak bersalah. ‘’Kita lihat saja kalau Pimpro dan Pemborongnya dibebaskan. Itu berarti saya juga tidak bersalah,’’ tuturnya.

Madel mengakui jika keputusan Kasasi dari MA tersebut belum turun. Namun, dia yakin keputusan MA tersebut akan sama dengan keputusan Pengadilan yang menyatakan dirinya tidak bersalah. ‘’Keputusan Kasasi itu memang belum turun, tapi saya yakin keputusan itu menyatakan bahwa saya tidak bersalah,’’ katanya.

Lalu apakah masalah Ponton ini nantinya tidak akan menjadi pengahalang untuk merebut kursi nomor satu di Merangin ? Madel mengakui jika itu nantinya bisa menjadi penghalang. Namun, dia menghimbau kepada pesaingnya nanti untuk bertarung secara jujur dan jantan. ‘’Saya menghimbau agar dalam pertarungan ini tidak mencari-cari celah untuk menjatuhkan. Bertarunglah secara jantan. Ini pemilihan langsung, masyarakat Merangin yang menentukan siapa Bupatinya,’’ sebut Madel.

Madel tidak menampik bila bantuan Usman Ermulan sedikit banyak membuat jalannya untuk mendapatkan PDIP lancar. ‘’Iya, memang ada yang membantu saya, pak Usman termasuk di dalamnya,’’ katanya seraya membantah Walikota Jambi, Arifien Manap juga disebut-sebut berperan menyakinkan Irzal, dimana Ketua Golkar Kota itu dekat dengan Agneta Singadekane. ‘’Tidak ada peran dari Arifien Manap. Saya ini dulunya pada saat mencalonkan diri sebagai Bupati Sarolangun juga diusung PDIP,’’ tukasnya.

Selain itu, berkemungkinan besar deklarasi Madel-Zainul akan dilakukan pada 23 Februari nanti. ‘’Kalau tidak ada halangan, deklarasi ini akan dilangsungkan tanggal 23 Februari,’’ pungkas Madel. Sementara itu, sudah ada dua kandidat yang dipastikan maju di Pilkada Merangin. Mereka adalah Madel-Zainul yang diusung PDIP-PDK dan Nalim yang sudah memperoleh 15 persen suara. (jambiekspres)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s