Atasi Kelangkaan Pupuk, Pusri Masuk Sarolangun

Posted: 24/02/2008 in KABA KAMPUNG KITO

SAROLANGUN : Untuk mengatasi kelangkaan pupuk di Kabupaten Sarolangun, dalam waktu dekat PT Pupuk Sriwijaya(Pusri) akan membuka rayon di Sarolangun. Menurut Kadis Pertanian Kabupaten Sarolangun, Ir Hardiyono, pihaknya memang sengaja meminta kepada PT Pusri Palembang untuk membuat perwakilan atau rayon di Sarolangun. Hal tersebut guna mengatasi kelangkaan pupuk yang terjadi selama ini.

“Memang kami aku selama ini tata niaga untuk mendapatkan pupuk ini sangat ribet makanya kami minta kepada Pusri agar untuk Sarolangun dipermudah, mereka setuju untuk menempatkan orangnya di Sarolangun sebagai rayon Pusri, kemarin orangnya sudah saya bawa mengahadap Wabup,”terang Hardiyono ketika ditemui Sarolangun Eskpres di ruang kerjanya, kemarin.

Dikatakannya, inisiatif untuk memfasilitasi Pusri membuka rayon di Sarolangun sengaja dilakukan untuk mensukseskan Program Gerunwah. Karena tanpa ketersediaan pupuk yang jelas maka Program Gerunwah akan berjalan sia-sia.

Lebih jauh dikatakan Hardiyono, walaupun Pusri punya rayon di Sarolangun, tetapi para petani nanti tidak bisa sembarangan untuk mendapatkan pupuk bersubsidi tersebut. Para petani tetap diwajibkan untuk membuat Rencana Definitif Kelompok(RDK) dan Rencana Defenitif Kebutuhan Kelompok(RDKK) terhadap pupuk tersebut yanag disampaiakan kepada petugas PPL di lapangan kemudian PPL nanti akan memneruskan ke kabupaten dan kabupaten yang akan menyampaikan ke PT Pusri.

“Setelah mendapatkan data yang jelas maka Pusri akan mendistribusikannya ke petani,”tambahnya.

Bukan hanya untuk kebutuhan persawahan, Dispertan juga mengupayakan pupuk bersubsidi untuk perkebunan karet rakyat saat ini kami masih koordinasikan dengan pihak perkebunan. (jambiekspres)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s