Dewan Mangkir, Pengesahan 11 Ranperda Ditunda

Posted: 24/02/2008 in KABA KAMPUNG KITO

SAROLANGUN : Pembahasan 11 rancangan peraturan daerah (ranperda) Sarolangun kembali ditunda. Penundaan terjadi karena kehadiran anggota DPRD Sarolangun dalam rapat paripurna kurang dari 16. Sejatinya sidang dengan agenda pandangan akhir serta pengesahan 11 ranperda tersebut dihadiri minimal 16 anggota dari 25 orang, agar tercapai kuorum berdasarkan tata tertib sidang.

Ketua Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Sarolangun Evi Suherman kepada Jambi Independent, kemarin (21/2), mengatakan, sikap beberapa anggota dewan yang tidak hadir tersebut merupakan sikap yang tidak terhormat. Dia juga menyesali sikap Ketua DPRD Sarolangun yang sengaja memberikan izin perjalanan dinas kepada anggotanya. “Entah mengapa pimpinan Dewan memberikan surat izin perjalanan dinas, padahal mereka sudah tahu agenda sidang, semestinya ditunda dulu,” tegasnya.

Namun Ketua DPC PPP Sarolangun ini tidak begitu mempersoalkan anggota yang sedang melakukan perjalanan dinas. Sebaliknya dia lebih menyayangkan sikap empat orang anggota Dewan yang mangkir, padahal mereka tidak sedang ada jadwal dinas ke luar.

“Padahal pembahasan tersebut merupakan kepentingan masyarakat ini, yang gagal gara-gara empat anggota Dewan yang mangkir,” kata Evi tanpa menyebut siapa anggota dimaksud. Terkait sanksi yang akan diberikan, Evi Suherman menegaskan, pihaknya melalui BK akan memberikan peringatan secara tertulis. Apabila tidak diindahkan, BK akan melayangkan surat ke partai agar ditindaklanjuti. “Yang jelas empat anggota tersebut akan kita panggil dan kasih peringatan,” katanya.

Atas penundaan itu, Wakil Bupati Cek Endra mengaku kecewa. Sebagai wakil rakyat, seharusnya DPRD menunjukkan sikap yang benar-benar membawa kepentingan masyarakat. “Ini kan pembahasan untuk kepentingan masyarakat. Saya sedikit kecewa, dan ini sudah dua kali terjadi, yang langsung saya hadiri. Secara otomatis ini mengganggu kepentingan masyarakat,” ujarnya. (jambi-independent)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s