Sarolangun Kembangkan Salak Pondoh 20.000 Hektare

Posted: 11/03/2008 in KABA KAMPUNG KITO

SAROLANGUN: Pemerintah Kabupaten Sarolangun, Jambi akan mengembangkan salak pondoh di atas areal 20.000 hektar yang di pusatkan di lahan transmigrasi Kecamatan Singkut.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sarolangun, Sarasadin di Jambi, Senin (21/1) mengatakan, salak pondoh ternyata sangat cocok dikembangkan di Kabupaten Sarolangun, dan itu sudah dilakukan oleh sebagian warga transmigran.

Melihat keberhasilann petani warga transmigran mengembangkan salak asal Yogyakarta itu, pemerintah Kabupaten Sarolangun pada 2008 melalui program peningkatan keluarga prasejahtera akan memberikan bantuan 20.000 pohon bibit pada petani.

Sasaran pengembangan salak pondoh itu adalah areal transmigrasi Singkut untuk satu hektar dapat ditanami 1.000 pohon salak.

Salak yang terkenal manis, gurih dan tidak banyak air itu, dapat tumbuh subur di Sarolangun dengan usia 2,5 tahun sudah bisa menghasilkan.

Selain Singkut, pemukiman transmigrasi lainnya juga akan menjadi sasaran pengembangan salak pondoh, untuk membantu warga meningkatkan pendapatan perekonomian keluarga.

Untuk tahap awal bantuan bibit salak pondoh secara cuma-cuma itu akan diberikan pada warga transmigran Singkut, tahun berikutnya untuk warga di lokasi lain di kabupaten tersebut. (RRI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s