Tiga Bulan Gaji Guru Bantu Belum Dibayar

Posted: 11/03/2008 in KABA KAMPUNG KITO

SAROLANGUN: Sejak tiga bulan terakhir, tenaga honor guru bantu Sarolangun belum menerima honor. Demikian dikatakan Joni, guru bantu di SMPN 32 Sarolangun. Menurut dia, honor guru bantu belum dibayar terhitung Januari-Maret 2008. Padahal para guru sangat mengharapkan gaji tersebut dan tidak punya penghasilan lain. “Hingga saat ini kami semua guru bantu di Kabupaten Sarolangun belum terima gaji,” ungkapnya kepada Jambi Independent. Alumni IAIN STS Jambi ini menjelaskan, guru yang direkrut pusat di Sarolangun lebih 400 orang. “Ada sekitar 400 lebih tenaga guru bantu yang ada di Kabupaten Sarolangun, dan kebanyakan mereka hanya mengharapkan dari gaji itu semata,” tambahnya.

Selain gaji, insentif yang biasa diterima, terhitung bulan Agustus 2007 hingga Maret 2008 juga belum diberikan. Insentif itu sejatinya diterima sebesar Rp 100 ribu per bulan. “Biasanya kami mengambil gaji dan insentif tersebut di UPTD kecamatan, tetapi hingga saat ini belum bisa diambil. Ketika kami tanya, menurutnya dana belum ada,” terangnya.

Selain di UPTD, sebagian guru bantu juga mengambil gaji di Kantor Pos Sarolangun. Namun setelah datang ke Kantor Pos, terpampang pengumuman bahwa gaji guru bantu honor pusat ditunda pembayarannya, tanpa keterangan yang jelas.

“Kami berharap dari Pemerintah Kabupaten Sarolangun memperhatikan nasib kami, karena kami sangat membutuhkan honor dan insentif itu. Apalagi kondisi sekarang tambah sulit,” harapnya. Itu juga dikatakan Pani, guru bantu di SMPN 11 Sarolangun. “Kami berharap agar gaji dan insentif untuk segera dicairkan, karena kami sangat membutuhkan uang tersebut,” pintanya. (jambi independent)

Comments
  1. Yusron says:

    Sabar adalah jawaban sementara utuk kita semua. Untuk kepala derah yang kami banggakan tolong semuanya bisa diatasi, juga lihat kondisi pendidikan kita saat ini juga system yang ada di Dinas Pendidikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s