Bank Sinarmas Layani Masyarakat Sumbar

Posted: 13/03/2008 in BERITAKU

Tahun Ini, Siapkan Rp50 Miliar Bagi UKM di Sumbar

PADANG: Sebagai bentuk komitmen dan kontribusi bagi kemajuan perekonomian Provinsi Sumatera Barat, PT Bank Sinarmas memperluas cakupan layanan perbankannya dengan membuka kantor cabang baru di Kota Padang, kemarin. Meskipun baru buka, tapi Bank yang 70 persen kreditnya difokuskan pada pembiayaan sentra-sentra Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ini menargetkan pada tahun ini tersalurkan kredit bagi UKM di Sumbar sebesar Rp50 miliar.

“Pembiayaan bagi UKM, sudah menjadi fokus kita sejak lama. Secara nasional sampai Desember tahun lalu kredit yang kita salurkan ke sektor UKM ini mencapai sekitar Rp2 triliun dari total kredit Rp3 triliun,” ujar Direktur Bank Sinarmas, Dani usai peresmian Kantor Bank Sinarmas Cabang Padang di Jalan Damar No.67 A-B Padang, Kamis (13/3).

Untuk layanan perbankan, Dani mengatakan, Bank Sinarmas saat ini sudah memiliki 71 kantor di 50 kota di Indonesia. Memiliki fasilitas internet banking, kredit card, ATM, dan call center 24 jam. “Dua bulan lagi, kita akan bergabung dengan jaringan Alto dan ATM bersama. Kita akan gratiskan nasabah yang memanfaatkan layanan ini,” ungkapnya.

Sebagai kepedulian terhadap lingkungan, Bank yang tumbuh pesat dengan total asset Rp5,4 triliun ini, setiap tahun selalu menyalurkan sebagian besar keuntungannya bagi masyarakat melalui program corporate sosial responsibility (CSR). Tahun ini, untuk mengurangi beban masyarakat yang diterpa lonjakan harga minyak goreng, Bank Sinarmas langsung bergerak dengan membuka bazaar minyak goreng kemasan dengan harga di bawah modal.

“Hingga sekarang, kita sudah salurkan minyak goreng murah seberat 100 ton. Untuk Sumbar, pada hari pembukaan kantor cabang Padang ini kita jual seberat 4 ton, dengan harga di bawah modal,” ungkap Dani, didampingi Pimpinan Bank Sinarmas Cabang Padang Loanita Arifin, kemarin.

Sedangkan untuk sektor pendidikan, Dani menyebutkan, Bank Sinarmas akan menjalin kerja sama dengan Universitas Andalas Padang untuk pemberian beasiswa bagi mahasiswa kurang beruntung (tidak mampu) melalui Eka Cipta Foundation.

Saat meresmikan Kantor Bank Sinarmas Cabang Padang, Pimpinan Bank Indonesia Cabang Padang Uun S Gunawan meminta perbankan di Sumbar melakukan pembinaan terhadap para nasabahnya, mengarahkan kredit bagi UMKM yang produktif, dan peduli terhadap lingkungan. “Saya berharap kehadiran Bank Sinarmas bisa memberikan kontribusi positif bagi kemajuan perekonomian di Sumbar. Penuhilah kepuasan nasabah dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian dan berikan layanan perbankan yang terbaik,” ujar Uun S Gunawan.

Sementara itu, Pimpinan Bank Sinarmas Cabang Padang Loanita Arifin mengatakan, pihaknya langsung buka dan melayani nasabah pada hari ini, Kamis (13/3). Sedangkan produk perbankan yang ditawarkan, saat ini tersedia tabungan Simas Gold dengan bunga setara bunga deposito atau 7,75 persen. Tabungan awal, minimal Rp1 juta.

Kemudian ada juga simpanan (investasi) bernama Saving Plan yang bermanfaat untuk merencanakan masa depan nasabah dengan berbagai keuntungan, termasuk jaminan asuransi jiwa. “Untuk produk simpanan, kita juga punya produk tabungan dollar (USD) bernama Simas Valas. Bunganya diatas bunga tabungan biasa atau 3,35 persen,” kata Loanita Arifin, yang juga mantan Pimpinan BII Cabang Padang. (esg)

Kinerja PT. Bank Sinarmas

Total Asset :
Per Desember 2006 : Rp2 triliun
Per Desember 2007 : Rp5,4 triliun

Modal Disetor :
Per Desember 2006 : Rp125 miliar
Per Desember 2007 : Rp275 miliar
Rencana 2008 : Rp400 miliar

Kredit yang disalurkan :
Per Desember 2006 : Rp972 miliar
Per Desember 2007 : Rp3 triliun

Dana Pihak Ketiga
Per Desember 2006 : Rp1,9 triliun
Per Desember 2007 : Rp5 triliun

Non Performing Loan Gross
Per Desember 2006 : 0,81 persen
Per Desember 2007 : cenderung menurun

Loan to Deposit Ratio (LDR)
Per Desember 2006 : 51,65 persen
Per Desember 2007 : 61 persen

Capital Adequacy Ratio (CAR) :
Per Desember 2006 : 16,23 persen
Per Desember 2007 : 11,45 persen

Jaringan Kantor Bank
Per Desember 2006 : 25 kantor
Per Desember 2007 : 59 kantor
Februari 2008 : 71 kantor

SDM/ Karyawan
Per Desember 2006 : 411 orang
Per Desember 2007 : 1100 orang

Jaringan ATM : 100 ATM

Comments
  1. JUni says:

    Saya sangat tertarik dengan Bank Sinar Mas di PAdang. Bagaimana caranya untuk melamar menjadi salah satu staff Bank Sinar MAs Padang? Mohon infonya.
    Terimakasih sebelumnya.

  2. resti ika putri says:

    Saya mahasiswi Universitas Andalas…
    Saat ini saya sedang melakukan penelitian.
    Saya ingin menanyakan cara melamar untuk menjadi salah satu staf/pegawai di BANK SINARMAS Padang?
    Terima Kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s