Pemkab Optimalkan Retribusi Galian-C

Posted: 03/04/2008 in KABA KAMPUNG KITO

SAROLANGUN : Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral(ESDM) Kabupaten Sarolangun bertekad meningkatkan PAD melalui sektor retribusi penambangan galian golongan C. “Kita akui saat ini PAD dari sektor galian C belum optimal. Untuk itu mulai tahun ini kita berupaya lebih menggali potensi tesebut,” ujar Kadis ESDM Kabupaten Sarolangun Suhariadi, kemarin (2/4). Salah satu optimalisasi PAD dari retribusi galian golongan C ini adalah menaikkan pajak retribusi galian golongan C. Menurut Suhariadi, kenaikannya berkisar 10 hingga 20 persen. “Ranperda tentang kenaikan pajak retribusi galian golongan C tersebut sudah disahkan baru-baru ini,” ujar Mantan Kadis Tata Kota Jambi ini.

Dia mengatakan, tarif yang ada saat ini dinilai sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman dan sudah sewajarnya untuk dinaikkan. “Kalau tarif yang lama Rp 3.750 per meter kubiknya,” tambahnya. Target PAD dari retribusi galian golongan C tahun lalu sebesar Rp 350 juta dengan realisasi Rp 187 juta. Karena dinilai sulit merealisasikan target ini, Pemkab Sarolangun pun menurunkan target PAD menjadi Rp 197 juta. “Turunnya target tersebut juga disebabkan hilangnya beberapa perusahaan penambangan galian C seperti BPP Singkut yang sudah tidak beroperasi lagi,” ujar Suhariadi.

Saat ini tinggal empat perusahaan yang bergerak dalam penambangan galian C, sisanya penambangan perorangan. “Makanya untuk tahun ini kita berupaya mengoptimalkan penarikan retribusi dari penambangan perorangan,” ujarnya. Suhariadi sendiri memperkirakan, baru sekitar 60 persen retribusi penambangan perorangan yang sudah ditarik. “Sedangkan penambangan galian golongan C yang dilakukan perusahaan retribusi sudah bisa ditarik 100 persen,” tandasnya.(jambi-independent)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s