Belanda Benam Prancis 4-1

Posted: 13/06/2008 in Uncategorized

Setelah memukul Italia 3-0, kini giliran Prancis yang dihajar 4-1 dalam pertandingan grup C Euro 2008 yang baru saja berakhir di Stade de Suisse Wankdorf.

Gol pertama dibuat Dirk Kuyt ketika pertandingan baru berjalan sepuluh menit. Penyerang Liverpool ini menceploskan bola dengan sundulan kepalanya.

Hingga babak pertama berakhir, skor tak berubah, tetapi 1-0. Memasuki babak kedua, pelatih Der Oranje memasukkan Arjen Robben untuk menambah daya serang dari sayap.

Hasilnya, pada menit ke-59 Robben yang menusut jantung pertahanan Prancis dari sayap kiri, langsung melepaskan umpan kepada Robin van persie yang baru masuk menggantikan Dirk Kuyt.

Van Persie langsung melepaskan tendangan dengan kaki kirinya. Meski bola sempat ditahan tangan kiri kiper Gregory Coupet, tetapi memantul ke arah belakang dan bergulir masuk ke gawang.

Meski tertinggal 2-0, Prancis memiliki semangat untuk mengejar. Hasilnya, Thierry Henry yang berulang kali memiliki peluang emas, akhirnya mencetak gol pada menit ke-71, sehingga memperkecil ketinggalan 2-1.

Namun, diluar dugaan, ketika Prancis baru mulai membangun semangat dan kepercayaan dirinya, sebuah serangan cepat Belanda berhasil dituntaskan oleh Arjen Robben menjadi gol.

Gol Robben yang dibuat haya berselang satu menit seusai Henry membobol gawang Edwin Van der Sar, terbilang spektakuler karena dibuat dari sudut yang sangat sulit di sisi kanan gawang Caoupet.

Gol Robben rupanya benar-benar menghancurkan mentak Prancis. Terbuktinya, di menit terahir pertandingan, gawang mereka kembali kebobolan oleh tendangan jarak jauh Wesley Sneijder, sehingga kemenangan Belanda menjadi 3-1.

Dengan kemenangan tersebut Belanda dipastikan melangkah ke babak perempat final. Sementara tim asal ‘Negeri Kincir Angin’ itu memimpin grup C dengan nilai 6, diikuti Rumania dengan nilai 2.

Satu tiket lagi ke perempatfinal masih akan diperebutkan Rumania, Italia dan Prancis, karena ketiganya sama-sama memiliki nilai 1. Rumania akan menentukan nasibnya melawan Belanda, sedangkan Italia bertemu Prancis.[S1]

sumber: inilah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s