Buffon Selamatkan Italia

Posted: 13/06/2008 in Uncategorized

Andai saja Gianluigi Buffon gagal membendung penalti Adrian Mutu, Italia bisa jadi sudah tersingkir sekarang. Namun, dengan hasil 1-1 melawan Rumania, Gli Azzurri memang patut untuk merasa was-was.

Ya, setelah kalah 0-3 pada laga perdana melawan Belanda, kemenangan atas Rumania adalah hasil wajib. Tetapi, bukannya meraih kemenangan, mereka malah bermain imbang. Bahkan jika Buffon tidak memblok penalti Mutu, Alessandro Del Piero cs bukan tak mungkin menelan kekalahan dan tersingkir.

Kiper Juventus itu memang tampil cukup apik dalam laga yang berlangsung di Letzigrund Stadion ini. Beberapa penyelamatan berhasil ia lakukan untuk menjaga gawangnya dari kebobolan.

Kini Italia harus puas tetap menghuni posisi juru kunci Grup C dengan raihan poin satu. Nasib, mereka pun akan ditentukan pada matchday terakhir ketika berhadapan dengan Prancis 18 Juni mendatang.

Sementara itu Rumania tetap duduk di peringkat dua dengan nilai 2. Tim asuhan Victor Piturca itu pun memiliki kans yang lebih besar ketimbang Italia untuk lolos ke babak perempatfinal, kendati juga masih tergantung dari hasil pertandingan Belanda vs Prancis yang akan berlangsung sesaat lagi.

Jalannya Pertandingan
Rumania langsung memperoleh kesempatan di awal pertandingan. Umpan lambung dari sisi kanan berhasil diterima dengan sundulan oleh Adrian Mutu. Namun, tandukan striker Fiorentina itu masih melambung di atas mistar gawang Italia.

Balasan dari Italia datang pada menit delapan. Mereka hanya terpisahkan satu centimeter dari gol pertama setelah sundulan Alessandro Del Piero di depan gawang Bogdan Lobont hanya melenceng tipis.

Adrian Mutu kembali menguji pertahanan Italia pada menit 15. Ia melepaskan tendangan keras kaki kiri dari dalam kotak penalti yang kemudian berhasil diblok dengan baik oleh Gianluigi Buffon.

Dua menit kemudian giliran Gabriel Tamas yang memiliki peluang. Namun, lagi-lagi Buffon berhasil menyelamatkan gawangnya. Tendangan bebas Tamas dari luar kotak penalti berhasil ia blok.

Menit 19 sundulan Cristian Chivu yang membentur badan Christian Panucci nyaris mengubah kedudukan menjadi 1-0 jika saja menemui sasaran. Penyelamat Italia kali ini bukanlah Buffon, melainkan tiang gawang.

Luca Toni memiliki kesempatan pada menit 26. Berawal dari umpan crossing Mauro Camoranesi di sisi kanan, bola pun ditanduk oleh penyerang Bayern Munich itu. Sial baginya, bola sundulannya melenceng di sisi kiri gawang Rumania.

Italia kembali memiliki kesempatan untuk memperoleh keunggulan di menit 39, lagi-lagi melalui sundulan Toni. Kali ini dengan gemilang Lobont berhasil menepis tandukan Toni sehingga hanya menghasilkan sepak pojok, bukan gol.

Di penghujung pertandingan sebenarnya Italia berhasil mencetak gol melalui sundulan Toni. Namun, wasit menganggap striker jangkung itu sudah terlebih dulu terperangkap offside.

55 menit pertandingan berjalan, Rumania memimpin. Diawali tendangan bebas, bola kemudian dihalau oleh Gianluca Zambrotta, yang sialnya, ke arah gawang sendiri! Bola lantas diterima oleh Mutu yang tanpa ampun menghujamnya ke gawang Buffon.

Namun, semenit kemudian Italia berhasil menyamakan kedudukan! Adalah Christian Panucci yang menjadi penyelamat usai menyambar sundulan Giorgio Chielini didepan gawang Rumania. Gol tersebut diawali oleh sebuah sepak pojok.

Bogdan Lobont melakukan penyelamatan gemilang di menit 76. Kiper Rumania itu menghalau tandukan Daniele De Rossi yang dilakukan tepat di depan gawangnya sendiri. Refleks yang cukup bagus dari kiepr Dinamo Bucharest itu.

Italia selamat dari kebobolan yang kedua kalinya di menit 80 setelah Buffon berhasil menepis penalti Mutu! Penalti tersebut diberikan usai Christian Panucci menarik baju Daniel Niculae.

Susunan Pemain:
Italia: Buffon, Panucci, Zambrotta, Grosso, Chielini, Pirlo, Perrotta (Cassano 57), Camoranesi (Ambrossini 85), De Rossi, Del Piero (Quagliarella 76), Toni

Rumania: Lobont, Chivu, Contra, Dinca Rat, Tamas, Goian, Radoi (Dica 25), Codrea, Petre (Nicolita 59), Mutu (Cocis 87), Niculae

Sumber: detikcom

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s