Truk Tangki Meledak di Mendalo, Dua Tewas

Posted: 13/06/2008 in BERITA PROVINSI

Sebuah mobil tangki pengangkut minyak kelapa sawit (CPO), dinihari kemarin (10/6) pukul 00.30 WIB meledak saat diparkir di RT 02 Mendalo Darat, Kecamatan Jambi Luar Kota, Muarojambi.

Dua orang tewas mengenaskan dalam kejadian tersebut. Kedua korban tewas itu Lapardi (35) dan Suwandi (19). Dua bersaudara ini merupakan sopir dan kernet mobil tanki nahas itu. Informasi yang dihimpun Jambi Independent di tempat kejadian perkara (TKP) menyebutkan, saat kejadian mobil tangki jenis Hino warna hijau, nopol BH 8046 LL, itu diparkir di halaman rumah korban.

Dinihari itu Lapardi dan Suwandi baru pulang dari bongkar CPO di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan. Setiba di rumah, mobil yang dalam kondisi kosong tersebut langsung dia parkir di halaman depan rumahnya.

Menurut keterangan warga setempat, mobil tangki tanpa muatan tersebut memang biasa diparkir di kawasan TKP. Setelah diparkir, Lapardi langsung turun dan mengecek bagian belakang mobil. Sedangkan adiknya, Suwandi tidur di bangku depan mobil tersebut. Namun, tanpa diduga, dalam hitungan menit, mobil
yang belakangan diketahui milik PT Kurnia Tunggal itu langsung meledak.

Saking kuatnya ledakan tersebut, membuat bagian depan dan belakang tangki mobil jebol. Akibatnya bagian depan mobil pun hancur dan penyok. Korban Pardi terpental, sedangkan Suwandi terjepit tangki. Keduanya ditemukan tewas secara mengenaskan. Kepala Lapardi pecah sehingga isi otaknya berhamburan keluar, sedangkan Suwandi juga mengalami luka parah di kepala.

Suara ledakan itu juga mengejutkan warga yang tengah terlelap tidur. Warga lalu berhamburan keluar mencari sumber bunyi ledakan. Warga mendapati kedua korban sudah tidak bernyawa. Selanjutnya korban dibawa ke kamar mayat RSURM untuk divisum.

Hingga sore kemarin belum diketahui secara pasti penyebab mobil nahas itu meledak. Kapolsek Jambi Luar Kota (Jaluko) Iptu Benny Batara ditemui di TKP mengatakan masih menyelidiki penyebab ledakan tersebut. Pihaknya mendatangkan tim dari laboratorium forensic (Labfor) Palembang untuk menyelidikinya.

Sementara dari informasi di TKP, polisi menduga ledakan itu disebabkan sisa minyak dalam tanki mobil tersebut menguap karena panas. “Kemungkinan mobil tangki tersebut pernah membawa muatan bahar bakar yang mudah terbakar. Dan kemungkinan bahan bakar itu masih ada sisa dalam tangki. Karena panas, minyak itu pun menguap dan terjadi ledakan. Tapi ini baru dugaan saya, tim labfor yang akan mengetahuinya lebih detail lagi,” kata salah seorang anggota polisi.

Tak Sempat Bertemu Keluarga
Pada malam nahas itu, Lampardi belum sempat bertemu dengan istrinya, Yuni, dan anak semata wayang mereka, Ferdi. Saat kejadian, dia baru saja memarkir mobil dan belum sempat masuk ke rumah. Namun, Senin siang (beberapa jam sebelum kejadian, red), Lapardi sempat menelepon istrinya, memberi tahu kepulanganya.

“Hari ini saya pulang ke rumah,” kata Yuni menirukan kalimat terakhir yang diucapkan Lapardi melalui hanphone. Korban dan keluarganya telah empat tahun tinggal di RT 02 Mendalo Darat. Menurut Yuni, dia tidak mendapat firasat buruk menyangkut kejadian ini. Diakuinya, korban memang perokok. Tapi dia tidak mengetahui apakah ledakan tersebut akibat api rokok yang diisap korban. “Suami saya memang perokok, tapi yang dia bawa bukan bensin, tetapi minyak sawit,” katanya. “Setahu saya mobil yang suami saya bawa tidak pernah memuat bensin, hanya CPO,” tambahnya.

Lebih lanjut Yuni mengungkapkan, selama ini suami dan adik iparnya memang sering membawa mobil tangki muatan CPO ke Bengkulu, Manah, Curup. Mereka pulang ke Jambi sekitar satu atau tiga hari sekali. “Tergantung jauh-dekatnya mengantar,” ujarnya saat ditemui di rumah duka, kemarin sore.

Menurut Yuni, selama hidupnya, Lapardi merupakan suami yang bertanggung jawab. “Dia memang sudah sejak bujangan menjadi sopir truk,” katanya. Lapardi, lanjut Yuni, merupakan anak pertama dari enam bersaudara. Sedangkan adiknya Suwandi (korban) adalah anak bungsu. (uli/jambi-independent)

Comments
  1. Madon says:

    Aku mau dengar berita nya lg tp d kasih fotonya donk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s