Tekuk Swedia 2-0, Rusia Lolos

Posted: 18/06/2008 in INTERNASIONAL

Rusia akhirnya berhasil melaju ke perempatfinal Euro 2008 setelah dalam pertandingan terakhir Grup D mengatasi Swedia 2-0 lewat gol Roman Pavlyuchenko dan Andrei Arshavin.

Karena merupakan pertandingan penentuan siapa yang berhak melaju ke delapan besar, maka laga yang dipanggungkan di Stadion Tivoli Neu, Innsbruck, Kami (19/6/2008) dinihari WIB ini, berlangsung ketat dan berimbang.Rusia akhirnya menjadi tim yang lebih baik setelah Pavlyuchenko menjebol gawang lawan di menit ke-24 dan Arshavin menggandakannya di menit ke-50..

Jalannya pertandingan
Menit 19, playmaker Rusia Andrei Arshavin nyaris membawa timnya unggul. Dari sisi kiri lapangan, Arshavin melepas umpan silang yang mengarah ke gawang. Dengan sigap, Andreas Isaksson menepis bola keluar dan sepak pojok diberikan.

Dari tendangan sudut, bola disambut dengan sepakan voli kaki kiri dari Yuri Zhirkov. Namun bola deras dari Zhirkov masih menyamping di sebelah kiri gawang Swedia.

Rusia akhirnya mencetak gol pembuka di menit ke-23. Gol ini bermula dari pergerakan Andrei Arshavin di sisi kanan yang kemudian mengumpan kepada Alexander Anyukov. Sodoran bola dari Anyukov disambut Pavlyuchenko dengan tendangan yang menaklukkan Isaksson. Rusia memimpin 1-0.

Menit 26, Swedia hampir saja membalas. Bermula dari crossing Mikael Nilsson dari sisi kiri, Henrik Larsson menyambutnya dengan sundulan. Bola hasil tandukan Larsson menabrak mistar gawang Rusia yang dijaga Igor Akinfeev.

Rusia seharusnya sudah memimpin 2-0 di menit 36. Namun sepakan kaki kanan Pavlyuchenko yang bekerjasama dengan Arshavin, membentur mistar Swedia. Bola mental yang coba disambar Zhirkov pun masih ditepis Isaksson.

Tiga menit sebelum jeda, sebuah peluang Swedia juga gagal menjadi gol. Fredrik Ljungberg yang mendapat operan pendek dari Zlatan Ibrahimovich di dalam kotak penalti, melakukan sepakan keras ke arah gawang. Namun Akinfeev bertindak cepat dengan menepis bola.

Di masa injury time babak pertama, Nilsson juga gagal mencetak gol. Berada dalam situasi one on one menghadapi Akinfeev, bola tendangan Nilsson ditepis oleh kiper Rusia itu dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Lima menit setelah kick-off babak kedua, Rusia menambah golnya. Lewat sebuah serangan balik, Zhirkov lolos di sisi kiri daerah pertahanan Swedia dan kemudian mengirim umpan mendatar untuk Arshavin. Dengan satu sodokan, Arshavin menjebol gawang Isaksson. 2-0 untuk Rusia.

Menit ke-58, sebuah umpan panjang dari Petter Hansson diteruskan oleh Larsson dengan tendangan gunting ke arah gawang. Namun Akinfeev mampu mencegah bola masuk ke gawangnya.

Arshavin seharusnya bisa menambah koleksi golnya di menit 65. Dari serangan balik, Arshavin mengejar bola hanya dengan kawalan Fredrik Stoor di dalam kotak penalti Swedia. Arshavin kalah cepat karena Stoor membuang bola. Sepak pojok.

Menit 79, Konstantin Zyrianov gagal menyegel kemenangan Rusia. Menguasai bola di luar kotak penalti, Zyrianov menembak dan bola yang membentur kaki bek Swedia membentur tiang kanan Isaksson.

Bola muntah memang masih dikuasai para pemain, tapi serangan para punggawa ‘Beruang Merah’ gagal saat Arshavin terjebak off-side.

Dua menit setelahnya, dua peluang dari Pavlyuchenko gagal bersarang di gawang Swedia. Yang pertama, tandukan dengan memanfaatkan umpan silang dari kanan jatuh tepat di pelukan Isaksson. Yang kedua, menerima bola dari Ivan Saenko, Pavlyuchenko yang berdiri bebas tidak tenang dan terburu-buru. Akibatnya, tendangan Pavlyuchenko masih menyamping.

Di menit ke-88, Arshavin lagi-lagi gagal mencetak gol tambahan. Mendapat umpan terobosan dari tengah, Arshavin tinggal berhadapan dengan Isaksson dan dikejar Hansson dari samping. Bola pelan ditembakkan Arshavin, namun Hansson dengan cepat menghadang bola dan membuangnya.

Saat wasit meniup peluit panjang tanda usainya pertandingan, Rusia tetap berhak atas kemenangan 2-0 sekaligus memastikan langkah ke perempatfinal untuk bersua Belanda.

Susunan pemain:
Rusia: Akinfeev; Anyukov, Kolodin, Ignashevich, Zhirkov; Semak, Zyryanov, Semshov, Bilyaletdinov (Saenko 66′); Arshavin, Pavlyuchenko (Bystrov 89′)

Swedia: Isaksson; Stoor, Mellberg, Hansson, Nilsson (Allback 79′); Elmander, Svensson, Andersson (Kallstrom 56′), Ljungberg; Ibrahimovic, Larsson

Comments
  1. abdullah khusairi says:

    sayangnya, di Indonesia, khusus bin khusus kampung halaman pada blog ini, harus berbunuh-bunuhan. kayaknya, butuh belajar banyak soal kearifan dan kedewasaan. berbeda, kalah menang, bukanlah soal penting dari pada kemanusiaan dan nurani…. thanks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s