Zulkifli Tolak Jambi Barat

Posted: 25/08/2008 in BERITA PROVINSI

Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin cukup gerah dengan bergulirnya wacana pembentukan provinsi baru di wilayah barat Provinsi Jambi. Ia sampai bertanya ke Mendagri M Ma’ruf dan mengumpulkan para bupati wilayah barat, yang meliputi Kabupaten Kerinci, Merangin, Bungo, Tebo, dan Sarolangun.

Selama ini, Bang Zul –demikian sapaannya— enggan menanggapi wacana itu. Tanggapan soal wacana pendirian provinsi baru itu disampaikan Bang Zul di tengah sidang paripurna Nota Pengantar Perhitungan dan Laporan Pertanggungjawaban APBD 2005 di gedung DPRD Provinsi Jambi, Telanaipura, Selasa (15/8). “Saya tidak sependapat adanya pembentukan Jambi barat ini,” tegasnya.

Menurutnya, pembentukan wilayah memerlukan proses panjang dan banyak faktor pendukung. Salah satu syarat mutlak, kata dia, adalah ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang memadai.

Lainnya, sumber daya alam (SDA) yang harus melimpah di bidang minyak dan gas (migas) dan lainnya, termasuk perkebunan dan faktor letak geografis yang strategis.

Provinsi Sumatera Selatan dan Riau, jelas pengusaha-politisi asal PAN ini, memiliki semua itu. Oleh karena itu, lanjutnya, wajar bila provinsi tersebut dimekarkan. Katanya, kedua wilayah tersebut mempunyai SDA yang melimpah dengan SDM yang mumpuni. “Kalau Jambi belum layak, SDM maupun SDA Jambi belum mumpuni,” tegasnya.

Bang Zul menilai SDM dan SDA di Jambi wilayah barat masih sedikit dan memerlukan penggalian. “Masak dengan sedikit ini mau memisahkan diri menjadi tiga wilayah Jambi, apalah artinya? Apakah kita mau ketinggalan dari Provinsi Bengkulu?” tanyanya.

Secara tegas Zulkifli menyatakan keinginannya untuk tetap mempertahankan Provinsi Jambi dalam satu kesatuan.

“Saya sangat bersyukur dan salut dengan pejuang kita dulu membentuk Provinsi Jambi sehingga menjadi seperti sekarang ini. Oleh sebab itu, janganlah terjadi perpecahan, masih kita bersatu membangun Jambi ke depan,” ungkapnya lagi.

Tidak hanya itu, dia juga menegaskan agar tidak ada lagi wacana pembentukan provinsi Jambi wilayah barat.

“Pembentukan Jambi Barat sudah usai. Jadi tidak ada lagi wacana-wacana seperti itu. Mari kita bersatu untuk membangun Jambi,” ajaknya. Katanya, dia sudah menghubungi semua kepala daerah di wilayah barat terkait komitmennya itu.

Dia mengaku sudah menghubungi Bupati Bungo Zulfikar Ahcmad, Bupati Kerinci Fauzi Si’in, Bupati Merangin Rotani Yutaka, Bupati Tebo Madjid Mu’az, dan Bupati Sarolangun Hasan Basri Agus.

“Waktu saya tanya, Pak Zulfikar bilang tidak ada pembentukan Provinsi Jambi barat, begitu juga Bupati Sarolangun dan bupati lainnya,” tambahnya.

Sekadar mengingatkan, wacana pembentukan provinsi baru itu sudah lama digulirkan para kepala daerah di Jambi wilayah barat. Belakangan, isu itu merebak lagi setelah beberapa kepala daerah memberikan pernyataan dan didukung sejumlah tokoh-tokoh Jambi. Namun, secara formal, belum ada persiapan khusus untuk membentuk provinsi baru itu. kas/jpnn

sumber: http://www.myrmnews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s