Angkutan Batubara Perusak Jalan di Jambi

Posted: 18/09/2008 in BERITA PROVINSI

Beberapa ruas jalan dalam Provinsi Jambi yang dilalui angkutan batubara rusak berat, di antaranya dari Sarolangun menuju Tembesi, Muara Bulian ke a rah Tempino serta jalan lingkar selatan di Kota Jambi. Akibat truk yang membawa batu bara itu melebihi tonase jalan yang mereka lalui.

“Untuk pengangkutan batubara ini ke pelabuhan diharapkan pihak perusahaan menggunakan kendaraan pengangkut yang sesuai dengan kapasitas kelas jalan, sehingga jangan merusak jalan yang sangat diperlukan oleh masyarakat umum,” kata Gubernur Jambi H. Zulkifli Nurdin, Minggu (15/09), saat meninjau tambang batubara yang dikelola PT. Sungai Belati Coal (SBC), di Desa Pulau Pinang, Kecamatan Sarolangun Kabupaten Sarolangun.
Gubernur sangat mendukung rencana perusahaan ini membangun pelabuhan ponton di desa Jabak, Kabupaten Batanghari, yang tidak jauh dari lokasi pertambangan, sehingga pengangkutan batu bara melalui arus sungai dan tidak banyak menggunakan jalan raya, sehingga tidak merusak jalan.

Kapala Tehnik Lapangan PT. SBC, Mujianto menjelaskan, tambang ini luasnya 500 ha, yang dikerjakan dua kontraktor, masing-masing PT. Bangun Karya Prataman Lestari, yang mengerjakan pengupasan tanah serta pengangkutan batu bara dari lokasi tambang ke tempat penimbunan, kemudian PT. Ganesa mengerjakan pengangkutan batubara dari lokasi penimbunan menuju pelabuhan Talang Duku di Kabupaten Muaro Jambi.

Dijelaskannya, penggalian dilakukan untuk mengetahui posisi batubara, dilanjutkan dengan pengupasan tanah hingga ditemukan batubara. Lapisan tanah yang dikupas dikumpulkan, untuk menimbun lokasi-lokasi bekas lobang tambang. Bekas lobang penambangan dilakukan reklamasi dan bisa ditanami lagi.

Menurut Mujianto, untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya, PT. SBC juga tengah mempersiapakan alternative membuat pelabuhan pontoon di desa Jabak, Kabupaten Batanghari, sehingga pengangkutan batubara nantinya dari tambang diangkut kepelabuhan tersebut dan tidak lagi langsung ke pelabuan Talang Duku, saat ini tengah dalam pengerjaan konstruksi. (huams/IJ-00)

Sumber: infojambi.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s