Incumbent Tolak Hasil Quick Count Pilkada Kerinci

Posted: 19/10/2008 in BERITA PROVINSI

HASIL penghitungan cepat sejumlah lembaga yang memenangkan pasangan Ami Taher-Diyanda Putra disusul Murasman-M Rachman tidak diterima pasangan incumbent, Hasani Hamid-Afrizal dan  Zubir Muchtar-Danil Miftah. Dua pasangan lainnya, Nuzran Joher-Julizarman dan Herman M-Mulyadi Raf, menerima dengan legawa.

Menurut Afrizal, hasil quick count tidak bisa diterima karena timnya menemukan banyak intimidasi terhadap pendukung mereka, seperti di Semurup. Dia mengklaim petugas kelompok penyelenggara pemunguatan suara (KPPS) di Semurup adalah orang-orang Ami Taher. “Banyak pemilih yang pro dengan kita (H2A, Red) tidak mendapakan kartu pemilih,” ujar Afrizal yang juga berasal dari Semurup.Artinya, kata Afrizal, ada pelanggaran oleh KPPS. Saat ini mereka sedang mendata berapa jumlah pendukung mereka di Semurup yang tidak mendapatkan kartu permilih. “Setelah dapat data, baru kita laporkan ke Panwas,” ujar Afrizal. Afrizal juga mempertanyakan akurasi penghitungan cepat yang dilakukan sejumlah lembaga.Anggota tim kampanye Zubir-Danil, Andri Sespah, juga belum bisa menerima hasil quick count. Namun dia tak banyak komentar. Alasannya, masih akan dibicarakan dengan tim dulu. “Kita juga masih menunggu keputusan KPUD Kerinci,” ujarnya singkat.

Sementara, Herman M legawa atas hasil quick count. Dia mengakui keunggulaan Ami dan Murasman. ”Dukungan Ami hampir merata di setiap kecamatan,” ujarnya beralasan. Karena itu dia menerima hasil tersebut. “Saya dari dulu sudah mengatakan siap menang dan siap kalah,” tandasnya. Hal sama dikatakan Nuzran. Cabup yang berpasangan dengan Julizarman itu juga mengakui keunggulan Ami. Seluruh tim sejak awal siap menang dan siap kalah. “Kalau kalah, berarti Tuhan memang belum mengizinkan saya untuk memimpin Kerinci, karena masih banyak tempat berkarya, bisa di swasta dan LSM. Kalau menang, itu berarti kita didukung oleh masyarakat Kerinci,” ujarnya.

ZN Minta Kader PAN Sportif
Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Jambi Zulkifli Nurdin meminta seluruh pengurus dan kader PAN untuk bersikap bijaksana dan sportif menyikapi hasil Pilkada Kerinci. Dia juga meminta kader dan pengurus PAN mendukung siapa pun yang ditetapkan sebagai pemenang nantinya. Permintaan itu juga ditujukan Zulkifli Nurdin yang juga gubernur Jambi kepada seluruh pasangan calon serta masyarakat Kerinci secara umum. “Artinya, siapa pun yang menang, tetap harus kita dukung, karena itulah pilihan masyarakat. Toh, tujuannya adalah memilih pemimpin,” katanya di Bandara Sultan Thaha Jambi kemarin (17/10).

Menurut ZN, kemenangan dan kekalahan merupakan hal biasa dalam politik. Dan itu harus disikapi secara arif dan bijaksana oleh semua pihak. “Karena enggak mungkin yang menang itu lebih dari satu,” katanya sambil tersenyum. Dia bahkan berani menjamin bahwa PAN tidak akan melakukan aksi yang bertujuan mengganjal kandidat lain bila hingga akhir nanti jago yang diusung kalah. “Kita konsekuen, kita siap menang dan siap kalah, tidak ada itu istilah ganjal-mengganjal,” tegasnya di hadapan wartawan.Yang terpenting saat ini, sambung dia, bagaimana masyarakat Kerinci dapat bersama bahu-membahu memajukan dan melakukan langkah nyata agar ke depan Kabupaten Kerinci dan Provinsi Jambi secara umum dapat lebih sejahtera, makmur, dan lebih baik lagi.(eep/aki)

Sumber: http://www.jambi-independent.co.id

Comments
  1. aweng says:

    dari hasil pperhitungan smentara ini kta sudh dpat mlihat psangan mna yg akan memimpin krinci nanti nya,namun sebalik nya dari hasil ini kta jg dapat melihat bahwa masyrakat kita krinci pd khusus nya msh blum siap dan blum bnar\2 mngerti hakikat sbenar nya dri pilkada scara lngsung ini,,,karna yg trjadi skrang adlahy persaingan antar daerah(suku),,kita memilih bukan karna prestasi,kualitas,bibit dan bobot dri calon pemimpin tp lbh krna,kedekatan emosional semata,,
    di satru sisi saya sbagai putra krinci sngat snang karna pilkada krinci brlngsung aman dan damai,tp di sisi lain saya merasa bersdih krna krinci khilangan kesempatan memiliki pemimpin yg brkualitas,krna msyrakat krinci msh mempercai kaum tua untuk memmimpin krinci

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s