Korupsi, Walikota Beijing Dihukum Mati

Posted: 19/10/2008 in HOT NEWS, INTERNASIONAL

Tidak ada ampun bagi koruptor di China. Terbukti mantan walikota Beijing dijatuhi hukuman mati karena korupsi. Walikota itu bernama Lie Zhihua. Media setempat melaporkan (Minggu, 19/10), dia diduga menerima uang suap jutaan Yuan.

Sebelumnya, Liu Zhihua mengomandoi pembangunan tempat-tempat untuk Olimpiade tahun 2008 di ibukota China, Beijing, serta 40 miliar dolar peningkatan prasarana di kota itu untuk olimpiade. Ia dipecat Juni 2006 karena dituduh terlibat korupsi. Kantor berita Xinhua mengatakan Liu, 59 tahun menerima uang suap 6,97 juta yuan (1,02 juta dolar). Begitu juga menurut putusan pengadilan di provinsi Hebei, provinsi terdekat Beijing.

Pengadilan mengatakan uang sogok itu dikantongi Liu dan kekasihnya Wang Jianrui.

Liu menyalahgunakan kekuasaan untuk memperoleh proyek-proyek kontrak, pinjaman dan lainnya dengan imbalan keuntungan.

Sumber-sumber sebelumnya mengemukakan bahwa ketua Partai Komunis nasional dan presiden China, Hu Jintao, mengawasi pemecatan Liu.

Hu juga mengawasi pemecatan Chen Liangyu, ketua Partai Komunis Shanghai, September 2006 karena menyalurkan dana-dana pensiun ke investasi-investasi ilegal, dan membantu memperkaya perusahaan-perusahaan kroni dan keluarga. Partai Komunis China menyebut korupsi yang dilakukan pejabat merupakan satu ancaman bagi kelanjutan kekuasaannya. [min ]

Sumber: http://www.myrmnews.com

Comments
  1. mamas86 says:

    Nah ini yang patut di contoh, jangan kaya di Indonesia…. Maling ayam aja di gebukin sampai mati tapi para koruptor yang membunuh orang secara halus malah bebas berkeliaran….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s