Guyon SBY saat Ucapkan Selamat buat Obama

Posted: 05/11/2008 in INDONESIA HARI INI, INTERNASIONAL

obama1Presiden SBY mengucapkan selamat atas terpilihnya Obama sebagai Presiden AS, pengganti George W Bush. Sebelum menyatakan ucapan selamat, SBY terlihat ceria dan penuh canda. Raut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono nampak cerah ketika memasuki ruang resepsi Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/11). Dengan mantap ia berdiri di podium berhiaskan rangkaian bunga herbras yang menjuntai di sebelah kiri.

Presiden lalu menatap lurus ke arah teleprompter yang biasa dibaca penyiar berita televisi. Alat tersebut siap memandu Presiden SBY membacakan teks ucapan selamat kepada calon Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih, Barack Obama, dalam bahasa Inggris.
Kepada wartawan media lokal dan internasional, Presiden SBY permisi untuk terlebih dahulu berlatih membaca teks yang ditayangkan teleprompter itu tanpa direkam. Presiden SBY dua kali mengulang pemberian ucapan selamatnya, sekadar memberi pilihan kepada wartawan untuk mendapatkan satu rekaman yang dianggap terbaik.

Di sela-sela rekaman yang disiapkan secara mendadak tersebut, Presiden tampak sumringah, tidak segan melontarkan canda dan bahkan sempat bernyanyi.

Ketika Presiden terpeleset lidah mengucapkan “congratulatory”, ia langsung meminta maaf agar rekaman dihentikan dan bercanda sesudahnya. “Ini bukan bahasa kita sih, lidah jawa,” ujar dia sambil tersenyum.

Lalu ia meminta staf khususnya, Dino Pati Djalal, agar mengganti kata “congratulatory” dengan “congratulated” yang lebih mudah dilafalkan. “Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit,” ujar Presiden menirukan logat Batak diikuti senyum.

Ketika bersiap untuk rekaman ulang, Presiden sempat melihat layar monitor dan berpendapat rangkaian bunga di atas podium menganggu. “Ada yang selalu suka dengan bunga-bunga,” ujarnya tersenyum.

Melihat bunga dipindahkan, Presiden SBY lantas bernyanyi. “Oh bunga mawar, lekaslah berkembang,” lantunnya diiringi senyum lagi. “Sudah lama saya tidak bernyanyi. Nanti kalau krisis keuangan global sudah lewat, saya akan bernyanyi lagi, khusus untuk wartawan,” imbuhnya tak lepas dari senyum.

Sebelum rekaman dimulai, ia juga sempat bercanda tentang dua Pemilu yang dilaksanakan secara bersamaan, yaitu Pemilu Presiden di AS dan Pemilihan Kepala Daerah di Jawa Timur.

“Dua-duanya penting, tapi jangan tanya saya soal Pilkada Jawa Timur,” ujarnya.

Keceriaan Presiden saat rekaman pun terungkap dalam kata-kata ucapan selamatnya kepada Obama.

Ia mengatakan, Indonesia memiliki tempat khusus dalam hati Obama karena calon presiden AS terpilih itu sempat melewatkan empat tahun masa kecilnya di Indonesia.

Ia berharap di bawah kepemimpinan Obama, Indonesia dan AS dapat menjalin hubungan babak baru karena Obama dinilai mengenal masyarakat dan budaya Indonesia.

Presiden Yudhoyono pun terlihat sumringah ketika bercerita beberapa bulan lalu ia mendapat kiriman buku biografi dari Obama. Di buku itu, Obama menuliskan pesan dengan tulisan tangan berharap hubungan lebih erat dengan Indonesia.

Dalam ucapan selamatnya, Presiden SBY kemudian membalas, bahwa ia juga berharap kerjasama lebih baik dengan Obama di tahun-tahun mendatang.

Keceriaan yang ditunjukkan Presiden SBY mungkin juga menunjukkan harapannya, agar di tahun mendatang ia dapat mengikuti jejak Obama yang kebetulan sama-sama berasal dari partai bernama Demokrat.[*/ana]

sumber: http://www.inilah.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s