Jalan Pauh–Tembesi Kian Parah

Posted: 02/01/2009 in KABA KAMPUNG KITO

Parahnya kerusakan ruas jalan Pauh Tembesi, kini kian meresahkan sopir dan penumpang travel. Menyusul  aksi penodongan dan  perampokan yang makin marak belakangan ini di kawasan tersebut. Rasa was-was dan cemas dirasakan para sopir dan penumpang bus umum serta travel  saat melewati ruas jalan tersebut. Terutama malam  hari .

Informasi yang dihimpun  Jambi Ekspres, setidaknya dalam dua pekan  terkhir ini, sejumlah  bus dan travel  yang melewati jalan tersebut  jadi korban  pelaku kejahatan.

“Sudah selayaknya Pak Kapolda  memerintahkan anggotanya mengamankan jalan tersebut. Kini  sopir dan penumpang  bus umum dan travel  was-was saat melalui jalan di sana,” ujar Neil (45) warga Pematangkandis Bangko.

Sementara  itu informasi yang diterima Koran ini, saat melewati jalan tersebut Jumat malam, telah terjadi  sejumlah kejadian penodongan terhadap  bus/travel  di ruas jalan itu dalam kurun waktu tak sampai sepuluh hari ini.  Utamanya antara  Pauh, Jembatan Duo, Rengkiling, Gurun Tuo dan  batas antara  Kabupaten Batanghari dengan Kabupaten Sarolangun.  Biasanya kawanan rampok  nekat menyetop kanderaan ketika  malam sudah larut. 

Dari para sopir bus/ travel Kerinci- Jambi dan Bangko –Jambi diperoleh informasi, bus  Safa Marwa  sempat ditodong kawanan penajahat. Begitu pun travel Famili Raya, Selasa malam (16/12) lalu. Travel engkel warna biru itu dikapak oleh penodong yang bersenjata tajam. Hanya bodi kendaraan yang kena.

Tak hanya itu travel Lapan-Lapan jurusan Bangko- Jambi Kamis malam (18/12) sekira pukul 11.30 WIB  lalu di ruas jalan Pauh- Gurun Tuo itu  juga dihadang penodong. Untung sopir tak hilang akal. Tahu kendaraan akan ditodong, sopir nekat menerobos jalan yang sudah dihadang penjahat. Dimana kemudian travel itu  lolos.  Dan penodong  juga kabur karena  juga takut mati.

“Sopir travel Lapan-Lapan nekat menerobos penodong yang menghadang,” ujar seorang travel pada koran ini.

Sementara itu sopir travel juga mengingatkan  penumpangnya untuk menutup semua pintu  jendela  saat kendaraan mulai masuk  dari Pauh. Upaya  lain yang  dilakukan sopir adalah dengan cara konvoi ketika masuk kawasan rawan perampokan dan penodongan tersebut .

Biasanya kawanan rampok beroperasi di jalan-jalan yang kerusakan sudah parah. Pantauan koran ini di lapangan, kerusakan ruas jalan Provinsi Jambi itu memang  sudah semakin parah. Diperkirakan tiga puluhan  titik kerusakan terdapat di ruas jalan itu. (nio)        

 

Sumber: Jambi Ekspres

Comments
  1. tyo bae says:

    tak da komentar
    aku cuma berdo’a moga banyak yang di bukakan hatinya
    biar hal ini tak terjadi

  2. herman says:

    kok dari jaman dulu sampe sekarang gak berubah situasinya..
    menghambat kemajuan pembangunan daerah saja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s