Beras Bukit 12 Segera Beredar di Pasaran

Posted: 09/05/2010 in KABA KAMPUNG KITO

Beras dari kawasan Bukit Dua Belas, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, akan beredar di pasaran dalam waktu dekat. Sebagai penunjangnya, semua komponen yang berkenaan dengan mutu dan kualitas beras telah dibenahi.

Tak hanya mesin, lantai jemur yang digunakan juga telah menggunakan lantai jemur yang terbuat dari semen. Mesin pengilingan padi menjadi beras sudah mengunakan mesin 2 pass, dan lantai jemur sudah menggunakan lantai jemur dari semen.

“Dengan begitu diharapkan distribusi beras Bukit Dua Belas nantinya akan memiliki kualitas dan mutu yang baik di pasaran,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sarolangun Hardiono.Menurutnya, proses terbentuknya beras yang akan dinamai beras Bukit Dua Belas itu, tidak lepas dari bantuan dana hibah dari pusat yang mencapai Rp150 juta.

Dengan dana yang dikelola koperasi tersebut, setiap produksi padi dari petani langsung disediakan penampungan, “dengan adanya sistem penampungan, harga padi para petani akan naik dan pemasarannya lebih mudah,” jelasnya.

Ditambahkan, saat ini potensi sawah di Kecamatan Air Hitam masih mencapai ratusan hektare. Hamparan sawah berada di Desa Jernih, Bukit Suban dan desa lainnya.

Dipastikan dengan adanya kelompok tani yang telah memiliki mesin penggiling padi, akan sangat membantu petani dalam memasarkan hasil pertaniannya.(*)

Sumber: www.jambi-independent.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s