Mulai 23 Mei 2010, Sarolangun Swasembada Energi Listrik

Posted: 09/05/2010 in KABA KAMPUNG KITO

Hasan Basri Agus

Terhitung 25 Mei 2010, Kabupaten Sarolangun pertama dan satu-satunya kabupaten di Provinsi Jambi akan swasembada energi listrik. Hal itu ditandai beroperasinya PLTU yang berlokasi di Desa Samaran, Kecamatan Pauh.

Sebagai langkah awal dilakukan ujicoba pengoperasian PLTU oleh Bupati Sarolangun H Hasan Basri Agus (HBA), dengan menggunakan bahan bakar batu bara.

Turut hadir dalam momen bersejarah itu yaitu Direktur Proyek PLTU Joko Purwanto, Kepala PLN Cabang Muara Bungo Arif Pramulya yang mewakili wilayah Sumbagsel, unsur muspida, pejabat Sarolangun, tokoh masyarakat, dan undangan lainnya.

Bupati Sarolangun HBA menjelaskan, dengan beroperasinya PLTU pada 25 Mei 2010 ini, Kabupaten Sarolangun dinyatakan swasembada energi listrik dan tidak mengalami pemadaman ataupun kekurangan daya listrik sama sekali.

“Berbanggalah masyarakat Kabupaten Sarolangun dengan beroperasinya PLTU nantinya dapat memenuhi kebutuhan listrik sesuai dengan program yang telah kita perbuat untuk rakyat yang selama ini menjadi keluhan masyarakat tentang listrik,” sebut HBA.

Sesuai visi misi Sarolangun Emas ekonomi maju, aman, adil dan sejahtera, kata HBA, selain infrastruktur jalan sebagai kebutuhan mendasar bagi masyarakat, juga listrik telah dicarikan jalan keluarnya yaitu dengan membangun PLTU.

“Pembangunan PLTU dengan menghadirkan investor dari luar, dan bukan hanya peletakan batu pertama dan terakhir, melainkan hingga tuntas pengoperasiannya untuk kebutuhan masyarakat,” jelas HBA.

Dengan demikian, katanya pertumbuhan industri akan maju pesat dan berdampak pada perekonomian masyarakat dengan sendirinya akan terangkat.

Sementara itu, Direktur Proyek PLTU Ir H Joko Purwanto dalam sambutannya mengatakan, PLTU masih dalam tahap ujicoba selama 1 bulan, setelah itu pada 25 Mei 2010 sudah dapat dinikmati masyarakat Kabupaten Sarolangun.

Hal senada dikatakan Kepala PLN Cabang Muara Bungo Arif Pramulya, bahwa Kabupaten Sarolangun satu-satunya kabupaten di Provinsi Jambi yang memiliki PLTU hingga pengoperasiannya.

“Kabupaten Sarolangun pertama dan satu-satunya di Provinsi Jambi yang memiliki PLTU hingga pengoperasiannya, hal itu salah satu bentuk kerja keras dari pemerintah Kabupaten Sarolangun untuk masyarakatnya,” katanya.(*)

Sumber: www.jambiekspres.co.id

Comments
  1. indak jolas says:

    Di blog ini saya tk bnyk br comentar, khususnya PLN sarolangun, PLN idak jelas sllu hidup/mati trus,klu ado ank cucu mau cri krjo nanti idak usahlah mau jdi pegawai PLN, kenyang makan SUMPAH masarakat nntinya, tngoklah pegawai PLN yg sekarang nich perutnyo buncit2 galo kayak org cacingan,itu krna kekenyangan makan sumpah masarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s