Sebelum Peringatan Dini, Gempa Aceh Berpotensi Tsunami Lokal

Posted: 09/05/2010 in BERITAKU

Gempa 7,2 Skala Richter (SR) yang mengguncang Nanggroe Aceh Darussalam sekitar pukul 12:59 WIB tadi, menurut pusat peringatan tsunami untuk Pantai Barat dan Alaska (WCATWC), lokasinya berada di luar cekungan Pasifik.

“Gempa itu tidak cukup untuk menghasilkan tsunami yang merusak ke California, Oregon, Washington, British Columbia, dan pantai Alaska,” ujar WCATWC dalam pesannya.

Sedangkan, warga di kawasan Samudera Hindia harus merujuk pada pesan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC). Dalam pesannya, PTWC telah membatalkan peringatan dini bagi masyarakat di kawasan Samudera Hindia yang telah dikeluarkan sebelumnya.

Begitupula dengan BMKG. “Peringatan tsunami untuk gempa 7,2 SR, 9 Mei 2010, pukul 12:59 WIB dinyatakan telah berakhir.”

Namun, kata Kepala Bidang Informasi Gempa dan Tsunami BMG Pusat Jaya Murjaya, masyarakat terus waspada terhadap kemungkinan buruk lain yang akan terjadi selanjutnya. Sebab, sebelumnya diberitakan air laut sudah naik 20 cm, tapi ini adalah kenaikan tertinggi, dan tidak akan berpotensi membesar.

PTWC sebelumnya merilis pesan kepada pemerintah yang berada di pesisir pantai Samudera Hindia menyebutkan, ancaman tsunami ada. Ini didasarkan pada data sejarah gempa dan tsunami.

“Namun, kemungkinan tsunami lokal Indonesia. Biasanya mempengaruhi pesisir yang terletak tidak lebih dari seratus kilometer dari pusat gempa,” isi pesan PTWC sesaat setelah gempa.(*)

sumber: www.padang-today.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s