Wujudkan Jaringan Kereta Api Sumatera, DPD Surati Menhub

Posted: 21/05/2010 in BERITA PROVINSI, INDONESIA HARI INI

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI akan menyurati Menteri Perhubungan untuk meminta penjelasan terkait rencana integrasi kereta api (Trans Sumatera Railways) dan Pelabuhan di Sumatera.

Dengan adanya Trans Sumatera Railways, maka semua jaringan kereta api dari Aceh hingga Lampung akan terkoneksi ke sentra ekonomi dan pelabuhan.

Hal itu terungkap dalam pertemuan DPD asal Sumatera yang tergabung dalam “DPD Kaukus Sumatera” dengan Masyarakat Peduli Kereta Api Sumbar, Rabu sore (19/5/2010) di gedung MPR/DPR RI Jalan Gatot Subroto, Jakarta.
Rapat dihadiri MPKAS dan 6 dari 10 anggota DPD/MPR RI asal Sumatera seperti Riza Falepi (Sumbar), Parlindungan Purba (Sumut), dan 4 anggota DPD dari Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung dan Kepulauan Riau.

Rapat ini juga sekaligus merupakan rapat awal dalam persiapan kunjungan kerja anggota DPD se-Sumatera ke 10 Provinsi di Sumatera yang dijadwalkan pada Agustus mendatang.

Sekjen MPKAS Yulnofrins Napilus menyebutkan, pertemuan tersebut merupakan tindaklanjut dari pertemuan MPKAS sebelumnya dengan Ketua DPD RI Irman Gusman, Parlindungan Purba (DPD Sumut) dan Aziz (Sumsel) di Surabaya.

“Pak Irman ketika itu tertarik dengan paparan MPKAS tentang perkembangan kereta api di Sumbar dan konsep Trans Sumatera Railways. Lalu, dibahas lebih lanjut dalam pertemuan dengan DPD Kaukus Sumatera,” kata Yulnofrins.

Putra Solok Selatan itu lebih lanjut menambahkan, pada pertemuan itu MPKAS juga diminta ikut terlibat bersama DPD dalam diskusi-diskusi isu perkeretaapian di Sumatera.

Terkait rencana kunjungan serentak semua anggota DPD se-Sumatera ke semua provinsi yg akan berakhir di Sumbar sekitar awal Agustus, MPKAS menyarankan agar penutupan dengan Menhub dan Mendagri dilakukan dengan acara menaiki keretapi wisata melalui Danau Singkarak.

“Jika waktu memungkinkan hingga Sawahlunto sehingga mereka sekalian bisa mencoba Mak Itam. Walaupun hal ini belum dibicarakan dengan KAI, tapi kita harap PT KAI mendukung saran ini,” ujarnya.

DPD dalam pertemuan itu juga berharap agar adanya komunitas-komunitas seperti MPKAS di provinsi-provinsi lain di Indonesia, agar terjadi sinergi dengan berbagai pihak untuk bersama mendukung terwujudkan Trans Sumatera Railways.

Program jaringan Kereta Api-Trans Sumatera Railway merupakan salah satu program kerja yang akan diusung anggota DPD/MPR RI se-Sumatera dalam lima tahun ke depan.

Program tersebut, kata Yulnofrins, sangat sejalan dengan program MPKAS. “Karena kita sendiri (MPKAS) sebetulnya sejak tahun 2006 telah mengusulkan dan mendorong realisasi dari program itu ke Pemprov dan DPRD Sumbar serta PT KAI,” jelasnya.

Diceritakan Yulnofrins, jaringan Kereta Api-Trans Sumatera Railway sangat diperlukan untuk mempercepat kemajuan pulau Sumatera yang selama ini, relatif lambat bila dibandingkan dengan Pulau Jawa.

Salah satu penyebabnya, karena tidak terkoneksinya dengan baik antarprovinsi-provinsi di Sumatera sehingga tidak terjadinya sinergi seperti yang terjadi antarprovinsi di pulau Jawa.

Padahal Sumatera juga memiliki potensi sangat besar untuk maju seperti Pulau Jawa, karena sumber daya alamnya sangat melimpah. Sumatera punya segalanya, mulai dari gas, minyak bumi, batubara, timah, karet, sawit, hingga pariwisata.

Di pulau Jawa dari Barat ke Timur (Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jabar, Jateng dan Jatim), kata Yulnofrins, telah terkoneksi dengan baik jaringan kereta api sehingga terbentuklah sinergi jauh lebih baik dalam segala bidang, khususnya bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan masyarakat. “Seperti bidang perindustrian, perdagangan, jasa, transportasi, lapangan pekerjaan, suplai energi dan lainnya,” urainya.

Untuk itu, MPKAS mengajukan perlu adanya jaringan kereta api dari Aceh sampai Lampung yang akan menghubungkan antarprovinsi di Sumatera, ke sentra-sentra ekonomi perdagangan, industri, pertambangan dan perminyakan serta pelabuhan dan pariwisata.

“Dengan begitu, kami yakin akan terbentuk sinergi yang kuat antarprovinsi di Sumatera, dan pulau Sumatera akan cepat maju,” tukas Yulnofrins yang bersama MPKAS menggagas lahirnya KA Wisata di Sumbar.(*)

Sumber: www.padang-today.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s