Harga Tiket Pesawat Turun, Biaya Pondokan Haji Naik

Posted: 31/05/2010 in INDONESIA HARI INI

Pemerintah berupaya menekan ongkos naik haji (ONH), agar para calon jamaah haji yang mempunyai uang pas-pasan, tidak begitu terbebani. Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, saat ini kementerian agama RI sedang membahas hal tersebut dengan Komisi VIII DPR RI.

”Komponen-komponen biaya haji tersebut sekarang masih dibahas, semoga dalam waktu dekat sudah ada keputusan dari Komisi VIII dan pemerintah,” ucapnya, usai menghadiri rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, Senin (31/5/2010).Suryadharma berharap biaya atau ongkos haji pada tahun 2010 ini ada penurunan. ”Pontensi turun tersebut ada pada biaya tiket penerbangan. Diharapkan penurunan tersebut bisa mencapai USD 150 dari patokan harga yang ditetapkan Menteri perhubungan yang berkisar USD 1754,” tandasnya.

Kalau biaya tiket ada penurunan, lain halnya dengan biaya pemondokan jamaah haji. Menteri Agama RI menerangkan biaya pemondokan haji naik sekitar USD 133.

Ada beberapa alasan kenaikan tersebut, pertama jarak pondokan yang semakin jauh akibat dibongkarnya gedung-gedung di dekat Masjidil Haram. Kedua berubahnya peraturan untuk ukuran kamar pondokan jamaah haji yang awalnya 3,5 meter perorang menjadi 4 meter. “Ketiga, meningkatnya pelayanan pemondokan di ring I dan ring II,” tutur menteri yang juga ketum PPP itu.

Dijelaskannya, dulu pondokan di ring II berjarak 7 KM dengan daya tampung jamaah sekitar 73 persen, sekarang jaraknya berubah hanya 4 KM dengan daya tampung 40 persen atau 74 ribu orang.

Sedang di ring I dulu jaraknya paling jauh 2 KM dengan daya tampung 27 persen, sekarang jarak lebih dekat dan daya tampungnya meningkat menjadi 60 persen atau bisa menampung 120 ribu orang. ”Jadi mau tidak mau meningkatnya kualitas pelayanan tersebut berakibat pada peningkatan biaya khusus untuk pondokan haji,” cetus Suryadharma.

Diterangkan, pengurangan biaya haji tersebut cuma ada pada biaya penerbangan, tapi hal tersebut tidak berpengaruh pada kualitas penerbangan. ”Ada beberapa biaya yang bisa diturunkan, seperti biaya pakaian untuk pramugari dan tranning (pelatihan,red) pramugari. Selain itu, biaya yang bisa diturunkan yaitu masalah keuntungan yang diperoleh maskapai penerbangan yang awalnya 10 persen menjadi 4 persen,” ucapnya.

Dibeberkannya, kemungkinan turun juga bisa terjadi dengan adanya tambahan maskapai penerbangan yang melayani para jamaah haji ke Arab Saudi.

Dulu maskapai penerbangan yang melayani jamaah haji hanya ada dua yakni Garuda Airline dan maskapai penerbangan Saudi Arabia, sekarang ada maskapai penerbangan lokal yang ikut melayani penerbangan ke Arab Saudi. ”Semoga tahun depan harga tiket penerbangan tersebut lebih kompetitif lagi dengan bertambahnya maskapai penerbangan,” harap Suryadharma.(*)

sumber: www.jpnn.com

Comments
  1. yudie says:

    salam kenal sobat saya anak sarolangun juga, sukses buat sobat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s