Pebalap Indonesia Berjaya di Etape 5 Tour de Singkarak

Posted: 06/06/2010 in INDONESIA HARI INI
Etape 5 Tour de Singkarak 2010, dengan jarak tempuh 96,5 km dari Muaro Kalaban di Sawahlunto ke Istano Basa Pagaruyung di Batusangkar, Sabtu (5/6), menjadi ajang unjuk prestasi bagi para pebalap Indonesia. Di luar perkiraan, dari tujuh klasifikasi umum yang diperlombakan, empat di antaranya berhasil dimenangkan oleh pebalap sepeda asal Indonesia.

Pada klasifikasi umum individu misalnya, tercatat tiga pebalap yang memasuki garis finish di Istano Basa Pagaruyung secara bersamaan. Mereka masing-masing adalah pebalap nasional Herwin Jaya, Prajak Mahawong dari Thailand, serta Sherwin Carrera dari Filipina dengan catatan waktu 2:16:37 (2 jam 16 menit 37 detik). Namun, juri lomba akhirnya menetapkan yang paling berhak sebagai pemenang adalah Herwin Jaya, karena memiliki bonus waktu 10, disusul Prajak Mahawong (06), lalu pebalap Sherwin Carerra (04).Sukses Herwin Jaya juga diikuti pebalap Indonesia lainnya, yakni Hari Fitrianto, yang keluar sebagai juara pertama pada even intermediate di Solok pada kilometer 23,4. Fitrianto mengantongi poin tertinggi (5), mengalahkan pebalap Korea Sung Baek Park dan Alex Couts dari Jerman (masing-masing dengan 3 poin). Sementara, prestasi serupa juga digapai oleh tim balap sepeda asal Indonesia, Polygon Sweet Nice, dengan keluar sebagai juara pertama pada klasifikasi tim, yang disusul Giant Asia Racing Team dari Taiwan, serta Customs Cycling Club (juga dari Indonesia).

Kejayaan Indonesia pada etape 5 Tour de Singkarak 2010 ini semakin lengkap, karena pebalap Usman Ali pada etape yang mengelilingi Danau Singkarak ini berhasil mempertahankan Polka Dot Jersey (jaket polka dot) yang pada etape 4 pun sudah diraihnya. Sementara untuk kategori ini, posisi kedua ditempati oleh pebalap Takeaki Ayabe dari Jepang, sementara urutan ketiga diisi oleh pebalap Iran, Ghader Mizbani.

Sementara itu, pemegang Green Jersey (jaket hijau) pada etape 4, atas nama Sacha Damrow dari Jerman, harus melepas kebanggaannya tersebut kepada pebalap Korea, Sung Baek Park. Pebalap sepeda Korea itu pada etape 5 ini memiliki poin 8, sementara Sacha Damrow hanya mengantongi 7 poin.

Posisi yang sama sekali tidak mengalami perubahan pada etape 5 ini, adalah pada klasifikasi waktu perorangan yang memperebutkan Yellow Jersey (jaket kuning). Pebalap Iran Ghader Misbani, untuk keempat kalinya tetap jadi pemegang Yellow Jersey, dengan total waktu tempuh keseluruhan etape 10:01:07. Ia dibayangi oleh pebalap Iran lainnya, Hossein Askari dan Amir Zargari, dengan total waktu masing-masing 10:02:14 dan 10:02:45. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s