Laga Pantai Gading v Portugal, Ujian Berat Tim Terbaik Afrika

Posted: 15/06/2010 in HOT NEWS, INTERNASIONAL

Pantai Gading disebut-sebut sebagai wakil Afrika terbaik di Piala Dunia 2010.  Melihat skuad yang dimiliki, predikat itu tidak berlebihan. The Elephants, sebutan timnas Pantai Gading diperkuat pemain-pemain yang berkprah di liga-liga elit Eropa.

Di barisan belakang ada Arthur Boka (VfB Stuttgart ), Kolo Toure, dan Emmanuel Eboue (Arsenal). Di barisan tengah Pantai Gading memiliki Didier Zokora, Romaric, (Sevilla), atau Yaya Toure (Barcelona ). Dan di depan The Elephants diperkuat duet Chelsea Didier Drogba dan Salomon Kalou.

Tapi di Piala Dunia 2010 Pantai Gading  berada di grup berat. Mereka tergabung di Grup G bersama Brazil, Portugal, dan kuda hitam Korea Utara. Perjuangan berat Pantai Gading akan dimulai  malam nanti dengan menghadapi Portugal ( siaran langsung RCTI pukul 21.00 WIB) di Nelson Mandela Bay Stadium, Port Elizabeth.  Tugas Pantai Gading di pertandingan perdana ini semakin berat kami mereka hampir pasti tidak bisa memainkan pemain terbaiknya, striker Didier Drogba yang cedera retak tulang dekat siku kanan. Cedera itu didapat saat Pantai Gading menang 2-0 saat berujicoba melawan Jepang pekan lalu.

Defender Pantai Gading asal klub Manchester City, Kolo Toure mengakui tanpa Drogba adalah kehilangan besar. Tapi timnya siap meski tanpa sang kapten. “Di hari-hari pertama  kehilangan dia kami memang merasa sangat  kehilangan. Sebab Drogba adalah kapten kami dan dia yang terbaik. Dia pencetak gol terbanyak yang selalu kami andalkan,” ujar  Kolo Toure seperti dilansir situs FIFA.

“Tapi masih ada 23 pemain lain yang mewakili Pantai Gading dan kami bersama akan memenangkan semua pertandingan meski tanpa Drogba. Kami Apa yang ada saat ini adalah semua saling mendukung dan melengkapi. Kami sudah banyak belajar darai Piala Dunia 2006. Cara kami lolos ke putaran final kali ini membuat kami merasa ini adalah pencapaian besar. Seiring berjalannya waktu, ambisi kami lebih besar. Kami semua focus pada satu tujuan. Dan ingat, bermain di Benua kami sedniri memberi kami semangat lebih,” beber mantan penggawa The Gunners Arsenal itu.

Pelatih Portugal, Carlos Queiroz yakin timnya bisa meraih poin maksimal di laga perdana. Mantan asisten pelatih Manchester Unietd itu mengungkapkan fit nya kapten Cristiano Ronaldo akan menjadi factor penting keberhasilan timnya. “Cristiano adalah juara. Sebagai pemain dia adalah Superman. “Melihat bagaimana mental bertandingnya, dia sangat tangguh dan percaya diri,”kata Queiroz kepada Daily Stars..

Queiroz menyatakan, melihat komposisi tim besutannya saat ini Pantai Gading pasti akan merasa keder. “Secara tim dan individu, Portugal bisa mengalahkan tim manapun di Piala Dunia kali ini. Kami harus memenangkan partai pertama, kedua dan seterusnya,” sambungnya.

Sementara itu, bek Portugal Paulo Ferreira mengaku senang jika Didier Drogba tidak dimainkan. Sebagai sesama pemain Chelsea Ferreira tau benar bagaimana kualitas Drogba. Menurut Ferreira, tanpa Drogba ketajaman lini depan Pantai Gading akan jauh berkurang. Drogba adalah pemain yang sangat penting bagi Pantai Gading.

Dia mencetak banyak gol untuk timnas dan tanpanya akan menjadi kehilangan besar. Saya tahu betul bagaimana kualitasnya karena kami sama-sama di Chelsea.

“Saya sangat mengagumi kemampuannya dan pentingnya dia ada di lapangan. Drogba sangat kuat. Tentu saya berharap dia tidak main saat Pantai Gading melawan kami. ITu akan sangat baik buat Portugal,” bebernya.(*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s