Dana Kampanye HBA Terbesar

Posted: 18/06/2010 in BERITA PROVINSI, KABA KAMPUNG KITO

Sumbangan Dana kampanye pasangan cagub dan cawagub Hasan Basri agus (HBA)- Fachrori Umar terbesar dari tiga pasangan calon lainnya.

Berdasarkan laporan ke KPU Provinsi Jambi, pasangan nomor urut dua itu menerima sumbangan dana kampanye sebesar Rp 4,5 miliar (M), disusul MM-Hich Rp 3,0003 M, pasangan ZA-AMI Rp 1,929 M dan pasangan Safrial-Agus Rp 975,5 juta.

Koordiantor Divisi Logistik dan Keuangan KPU Provinsi Jambi, Fahmi SY, menjelaskan, sesuai aturan, setelah masa kampanye, cagub wajib menyerahkan laporan sumbangan dana kampanyenya.

“Sementara laporan keseluruhan diterima tiga setelah pemungutan suara,” katanya saat ditemui di KPU Provinsi Jambi, kemarin.Ia mengatakan secara keseluruhan, tim kampanye wajib melaporkan pengeluaran dan penerimaan total dana kampanye paling lambat tiga hari setelah pemungutan suara. Dua hari kemudian, KPU akan menyerahkan ke akuntan publik.

Untuk dana kampanye sendiri bersumber dari pasangan calon yang bersangkutan, parpol dan sumbangan pihak lain yang tidak mengikat. Untuk sumbangan diatas 20 juta harus disertai dengan NPWP dan KTP dari orang yang memberikan bantuan tersebut.

Sementara sumbangan perseorangan maksimal Rp 50 juta dan untuk bantuan usaha maksimal Rp 350 juta. Pasangan calon tidak menerima sumbangan pihak lain berasal dari negara asing, lembaga swasta asing, lembaga swadaya masyarakat asing dan warga negara asing. Kemudian pasangan calon juga dilarang menerima bantua dari penyumbang yang tidak jelas identiitasnya. “Juga tidak boleh menggunakan dana pemerintah, BUMN dan BUMD,” katanya.

Makanya, seluruh dana kampanye ini akan diaudit oleh kantor akuntan independent yang ditunjuk KPU Provinsi Jambi.(*)

sumber: http://www.jambiekspres.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s