Ini Jawaban dari Pertanyaan, Mana Dulu Ayam atau Telur?

Posted: 16/07/2010 in HOT NEWS, INDONESIA HARI INI

Para ilmuwan di Inggris mengklaim dapat memecahkan teka-teki yang banyak membuat orang bingung selama ini, yakni, mana yang lebih dahulu ada, ayam atau telur?

Jawabannya adalah Ayam.
Seperti dilansir mail online, para peneliti dari Universitas Sheffield dan Warwick, Inggris, memastikan jawaban tersebut setelah diketahui bahwa awal pembentukan kulit telur bergantung dari protein ovocledidin-17 atau OC-17- yang berada di indung telur ayam, protein ini berguna untuk mempercepat pertumbuhan kulit telur.

Hal ini lah yang meyakinkan mereka untuk menyimpulkan bahwa ayam lebih dulu ada karena telur hanya akan muncul jika berada di dalam ayam.

Para peneliti  menggunakan komputer khusus milik Dewan Riset Sains Inggris (UK Science Research Council) di Edinburgh, yang diberi nama HECToR (High End Computing Terascale Resource) untuk melihat secara jelas awal pembentukan telur tersebut.

OC-17 berfungsi untuk mengubah kalsium karbonat menjadi kristal kalsit sebagai awal pembentukan cangkang telur.

“Selama ini masyarakat beranggapan bahwa yang lebih dulu ada adalah telur, tapi sekarang sudah ada jawaban melalui bukti ilmiah, yang menunjukkan bahwa ayam lah yang lebih dahulu ada,” tutur Dr Colin Freeman, dari Universitas Sheffield, seperti dilansir mail online. (Shandi/kabarinews.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s