Inilah Rahasia Tebakan Si Gurita Paul

Posted: 16/07/2010 in BERITA PROVINSI, HOT NEWS, INDONESIA HARI INI

Piala Dunia 2010 Afrika Selatan baru saja berakhir. Banyak hal menarik mewarnai perhelatan akbar empat tahunan itu. Baik dari dalam maupun dari luar arena. Salah satu yang fenomenal, datang dari luar arena. Yakni tentang seekor gurita bernama Paul.

Gurita berkaki delapan ini mendadak terkenal selama Pala Dunia 2010 berlangsung. Paul berhasil menebak  dengan jitu sejumlah  hasil pertandingan Piala Dunia, termasuk ketika dia meramal tim Jerman bakal keok oleh Spanyol dalam pertandingan semifinal, dan menebak tepat tim yang menjuarai Piala Dunia 2010.Sejauh ini belum ada laporan ilmiah yang dapat menjawab secara pasti kenapa Paul mampu melakukan itu semua. Namun sejumlah laporan telah dibuat dalam upaya menguak misteri kecerdasan Paul.

Paul Cerdas?
Menurut ahli gurita, gurita tergolong binatang cerdas diantara keluarga Invertabrata. Binatang ini memiliki pertahanan yang unik dari serangan predator. Ia mengeluarkan tinta racun, dan berkamuflase. Tubuh tanpa tulang dari moluska ini memungkinkan gurita dapat menyelusup melalui lubang atau celah kecil untuk menghindar. Selain itu, tentakel gurita memiliki kemampuan untuk membedakan tekstur sebuah permukaan. Tentakel ini juga berfungsi sebagai mulut.

Dalam sebuah tayangan video di Youtube, binatang yang juga menjadi teman tokoh kartun Spongebob ini, dengan kecerdasannya, mampu meloloskan dari lubang sebesar 1 inch.

“Mereka adalah makhluk luar biasa cerdas, mereka dianggap sebagai hewan invertebrata paling cerdas tanpa tulang belakang. Di beberapa negara, mereka dianggap sebagai invertebrata kehormatan.” kata Tom Glaze, ahli gurita dari Amerika Serikat.

Tom juga mengatakan, gurita tergolong binatang tidak berusia panjang, karenanya gurita harus mampu menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar termasuk belajar dari orangtua mereka. “Mereka harus belajar dengan cepat jika ingin hidup di lautan luas,” tambah Glaze.

Sejumlah media juga melaporkan hasil penelitian para ahli yang mengungkapkan bahwa gurita memiliki kemampun menarik dalam membedakan suatu objek. Yakni dapat dilatih untuk membedakan bentuk, dan secara terbatas dapat membedakan terang dan gelap.

Dimensi terang dan gelap inilah yang  kemudian banyak muncul sebagai jawaban mengapa si Paul dapat menebak hasil pertandingan Piala Dunia 2010. Dalam sebuah penelitian yang menggunakan gurita jenis Octopus Vulgaris, gurita terbukti dapat membedakan benda empat persegi panjang warna hitam putih, dengan perbedaan tingkat kecerahan warna.

Dari percobaan tersebut, disimpulkan bahwa gurita tidak dapat membedakan kuning dari abu-abu, violet dari warna abu-abu yang sesuai. Warna kuning dan violet dipakai dalam percobaan tersebut, karena kedua warna tersebut belum diuji pada percobaan-percobaan sebelumnya. Setiap kali tebakan benar, gurita mendapat sarden sebesar 1 g, demikian seterusnya sampai satu hari mendapat 12 x 1 g sarden. Dari laporan tersebut tampak, bahwa gurita sebenarnya dapat dilatih untuk serangkaian tugas.

Pendapat berbeda dikemukakan ahli cumi-cumi raksasa Dr Steve O’Shea yang tinggal di Pantai Onetangi, Selandia Baru. Dia mengatakan, gurita justru termasuk hewan bodoh di dunia. “Kenyataannya,  mereka tergolong binatang bodoh. Hidupnya tidak lebih hanya untuk mencari dan memberi makan, tak banyak hal dalam pikiran mereka,” kata  Dr Steve O’Shea.(Yayat Suratmo/www.kabarinews.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s