Gempa 6 SR di Sumut, Berpotensi Merambat ke Daerah Lain

Posted: 25/07/2010 in HOT NEWS, INDONESIA HARI INI

Menyusul terjadinya gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter yang terjadi di kawasan Panyabungan, Sumatera Utara, Sabtu (24/7/2010) pukul 09.11 WIB, Staf Khusus Presiden bidang Bantuan Sosial dan Bencana, Andi Arief menggelar rapat mendadak.

Gempa yang juga dirasakan di Kota Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau itu sempat membuat panik warga dan merusak beberapa bangunan.“Dari prediksi statistik yang mengacu pada early warning system kita, dengan memantau gempa di kawasan Andaman dan Nicobar, kita sedang mencari potensi gempa Panyabungan, Sumatera Utara,” kata Stafsus Presiden Andi Arief , Sabtu sore (24/7/2010).

Dikatakan, gempa ini kedalamannya 10 kilometer. “Dari data statistik yang kita punya, gempa ini memungkinkan potensi terjadinya rambatan,” kata Andi Arief.

Karenanya, sore ini juga Andi Arief menggelar rapat mendadak dengan staf-nya dan beberapa instansi terkait.

“Kita membahas kemungkinan terjadinya gempa rambatan. Kalau melihat data statistik kita, maka gempa yang terjadi di Panyabungan ini berpotensi bergerak ke daerah berikutnya. Ini bisa saja ke daerah rawan gempa di Sumatera Barat. Yaitu, kawasan Simeuleu, Nias, Padan. Atau, jika melihat kekuatannya yang mencapai di atas 5 Skala Richter, bisa saja gempa ini merambat sampai di lokasi Ujung Kulon, yang artinya itu memasuki kawasan perairan Jawa,” kata Andi Arief.

Pihak Stafsus sendiri sudah menghubungi instansi terkait di daerah yang berpotensi menjadi tujuan rambatan gempa Panyabungan, Sabtu pagi tadi. “Ini untuk langkah antisipasi agar tidak terjadi kepanikan. Kita berharap masyarakat tidak panik, tetap waspada dan hindari bangunan tinggi,” kata Andi Arief.

Data BMKG, gempa terjadi 18 km BaratLaut Panyabungan Sumut atau 45 km Tenggara Padangsidempuan pukul 09:11 WIB di koordinat 1.02 LU – 99.50 BT.[dh/RMOL]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s