Pelantikan HBA jadi Gubernur Jambi, Jangan Boros Anggaran

Posted: 26/07/2010 in BERITA PROVINSI, HOT NEWS, INDONESIA HARI INI

Di tengah-tengah masa sulit saat ini, pelantikan pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih Hasan Basri Agus (HBA) dan Fachrori Umar 2 Agustus nanti, diminta agar jangan terlalu memboroskan anggaran. Hal ini disampaikan pengamat pemerintahan Jhoni Najwan PhD. “Kalau dilihat dari aspek hukum memang tidak ada larangan. Namun jika dilihat dari kondisi perekonomian saat ini, sebaiknya jangan boroskan anggaran,” ujarnya kemarin (25/7/2010).

Dia menilai, banyaknya yang diundang dalam pelantikan tersebut dinilai kurang begitu efisien. Jika pelantikan ini ingin disaksikan oleh seluruh lapisan masyarakat di Jambi, katanya, akan lebih efektif dibuat live saja di TV.

“Jika ingin disaksikan oleh seluruh masyarakat Jambi, untuk lebih efektifnya bisa di buat live saja di TV. Seperti di TVRI Jambi, Jek TV dan lain sebagainya,” tambahnya.Nasuhaidi Pengamat Politik Jambi, juga menyampaikan hal senada. Beliau mengharapkan, pelantikan gubernur ini jangan terlalu wah. Tidak hanya itu, menurutnya untuk undangan yang sedemikian banyak itu juga perlu dipertimbangkan. Misalnya untuk tokoh masyarakat cukup perwakilannya saja dan itu juga harus selektif.

“Untuk tokoh masyarakat yang diundang harus lebih selektif. Begitu juga untuk pejabat yang datang, misalnya seperti camat dan kepala SKPD harus dipertimbangkan, selain mengingat biaya, juga pelayanan kepada masyarakat. Kalau untuk gubernur se-Sumatera itu sah-sah saja, anggap saja itu sebagai perkenalan,” pungkasnya.

Sementara itu, menurut rencana, yang akan melantik Gubernur Hasan Basri Agus (HBA) tersebut yakni Mendagri Gamawan Fauzi. Yang akan diundang dalam pelantikan tersebut, selain unsur muspida Provinsi,  juga termasuk lurah se Kota Jambi dan camat se-Provinsi Jambi. Selain itu, juga hadir pejabat tinggi Negara dan Gubernur se-Sumatera.

“Selain itu, juga akan hadir Bupati dan Ketua DPRD se-Provinsi Jambi, Camat se-Provinsi Jambi,  Lurah se-Kota Jambi, para Kepala SKPD, tokoh masyarakat dan para undangan lainnya. Untuk Mendagri kemungkinan akan datang ke Jambi tanggal 2 Agustus dan pulang tanggal 3 Agustus,” kata Emi Nofisah saat dikonfirmasi Jambi Ekspres kemarin (25/7/2010).

Emi mengatakan, untuk susunan acaranya yakni, dimulai dengan pembukaan oleh ketua DPRD Provinsi Jambi, pembacaan Kepres, pengambilan sumpah, amanat dari Mendagri dan akan ditutup kembali oleh ketua DPRD Provinsi Jambi.

Mengenai pengamanan saat berlansungnya acara, Emi mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Polda dan Sat Pol PP. Sedangkan untuk SK, menurutnya akan dibawa oleh Ditjen Pejabat Negara yang rencananya sekitar tanggal 01 Agustus nanti.

Saat ditanyakan berapa biaya yang akan digunakan pada pelantikan tersebut. Emi enggan menjelaskannya. “Itu biaya dari anggaran DPRD Provinsi, yang jelas biayanya dianggarkan untuk sekitar 1.500 undangan,” ujarnya.

Sedangkan jika ruangan paripurna tidak mampu untuk menampung undangan yang diperkirakan berjumlah sekitar 1.500 orang tersebut, akan disediakan layar monitor di baseman gedung DPRD Provinsi. “Kalau ruangan diatas tidak muat untuk para undangan, akan disediakan TV monitor di baseman,” lanjut Emi.

Ketua DPRD Provinsi Jambi Effendi Hatta membantah undangan sampai 1.500 orang tersebut termasuk pemborosan anggaran. Dirinya menyebutkan, ini sudah sesuai dengan anggaran dewan. “Kita hanya menyediakan konsumsi untuk mereka kok, tidak ada yang lain,” terangnya.

HBA itu, lanjutnya adalah Gubernur rakyat, masak rakyat menyaksikan pelantikannya tidak boleh. Terkait dengan saran agar kehadiran camat dipertimbangkan, dirinya menyebutkan, ini merupakan bentuk penghormatan terhadap camat. “Hadirnya para camat di acara pelantikan merupakan penghormatan terhadap mereka,” tegasnya.(cas/arm)

sumber: http://www.jambiekspres.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s