Chairul Naim Anik Gantikan Ratu Munawwaroh di DPR

Posted: 30/07/2010 in BERITA PROVINSI, INDONESIA HARI INI

Anggota DPR RI asal Jambi, Ratu Munawwaroh, yang mendadak terkenal karena bolos 100 persen pada sidang paripurna DPR, secara resmi dinyatakan mundur sebagai wakil rakyat. Kepastian mundurnya Ratu disampaikan langsung Ketua Umum DPP PAN Hatta Radjasa kepada wartawan di Jakarta, kemarin (28/7/2010).

Hatta mengatakan, Ratu dipastikan mundur karena tidak bisa lagi melanjutkan tugasnya sebagai anggota dewan. Alasannya, dia harus menjaga suaminya, Zulkifli Nurdin, yang sedang sakit.

“Dia sudah mengundurkan diri. Surat pengundurannya sedang diproses. Jadi ibu Munawwaroh, istri Gubernur Jambi itu, suaminya lagi sakit. Sakitnya keras. Makanya tidak bisa hadir 9 kali. Itu menyangkut kemanusiaan dan dia sudah mengundurkan diri,” kata Hatta yang juga Menko Perekonomian.

Hatta menambahkan, sejak awal ketidakhadiran, Ratu sudah menjadi perhatian PAN. Tindakan tidak disiplin ini tidak dibiarkan begitu saja. “Hanya prosesnya kan lama, sejak masa persidangan ini. Jadi, yang diukur masa persidangan ketiga ini. Sementara waktu masa persidangan pertama kan selalu hadir,” katanya.

PAN segera mencari pengganti untuk mengisi kursi di DPR yang akan ditinggalkan Ratu. Namun, ini harus menunggu proses dari anggota dewan yang mundur. “Ibu Ratu itu belum bisa diganti karena masih dalam proses. Tapi di internal sudah kita putuskan,” tegas Hatta.

Merujuk hasil Pemilu 2009, mundurnya Ratu akan memberikan peluang besar masuknya Chairul Naim M Anik ke Senayan. Hanya saja, Sekretaris DPW PAN yang juga mantan anggota DPRD Provinsi Jambi itu ketika dihubungi Jambi Independent enggan berbicara soal tersebut. “Tidak enak kalau saya bicara itu. Itu domain DPP,” elaknya.

Pada Pemilu Legislatif 2009, PAN berhasil merebut suara untuk dua kursi DPR. Ratu Munawwaroh tercatat sebagai peraih suara terbanyak, yakni 157.651. Di bawahnya adalah H Bakri dengan 18.954 suara. Bakri kini sudah di Senayan. Perolehan suara terbanyak ketiga adalah Chairul Naim, yakni 14.246.

Pengamat politik dari Stipol NH Jambi, Navarin Karim, menyatakan, bila Ratu hengkang dari Senayan, maka yang berpeluang besar menggantikan memang Chairul Naim. “Berdasarkan mekanismenya, Chairul dipastikan mendapatkan kursi panas anggota DPR RI itu,” katanya, kemarin (28/7/2010).

“Ia orang yang memiliki jumlah suara nomor tiga, jadi ia berhak untuk menggantikan Ratu,” tandasnya. Pernyataan Navarin ini merujuk kepada UU No 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD. Pada ayat 1 Pasal 217 disebutkan, anggota DPR yang di-PAW digantikan oleh caleg peraih suara terbanyak berikutnya pada daerah pemilihan yang sama.

Namun, tak seorang pun pengurus DPW mau membicarakan itu. Ketua DPW PAN Jambi Zulkilfi Nurdin yang juga Gubernur Jambi belum berhasil dikonfirmasi. Wakil Ketua DPW Hasan Ismail juga mengaku tidak bisa berkomentar banyak. “Itu ranahnya DPP. Saya tidak bisa berkomentar,” jawabnya.

Ratu yang dikabarkan sedang di Jakarta bersama suaminya pun berkali-kali dihubungi tak mengangkat ponselnya. Di-SMS pun tak dijawabnya.

Wakil Ketua Umum DPP PAN Drajat Wibowo ketika dihubungi Jambi Independent kemarin (28/7) mengatakan bahwa soal pengganti Ratu masih dibicarakan. Ketua Bidang Politik DPP PAN Bima Arya menyatakan, pengunduran Ratu masih dalam proses. “Soal penggantinya masih dibicarakan DPP,” ujarnya.

Di sisi lain, orang-orang dekat Ratu mengatakan bahwa keinginan Ratu mundur sudah lama disampaikan ke DPP dan bukan karena ia sering bolos. Sumber Jambi Independent menyebutkan, Ratu minta mundur sejak awal 2010.

DPP PAN, kata dia, sudah menerima pengunduran diri Ratu. Namun, proses pergantian antar waktunya (PAW) belum selesai. Ini dikarenakan kesibukan dan agenda DPP yang padat. “Ini murni karena kesibukan di DPP,” tegasnya.

Alasan mundur yang disampaikan Ratu, kata dia, tak jauh berbeda dengan yang sebelumnya sudah diungkapkan ke media. “Mengurus keluarga dan mendampingi suami” .

Sumber lain menyebutkan, surat pengunduran diri Ratu Munawwaroh telah dilayangkan saat reses kedua DPR. “Habis itu dia nggak pernah masuk lagi,” jelasnya.(nid/roz/afz/jpnn)

sumber: jambi independent

Comments
  1. Rubiyanto says:

    Okey, dari pada berlarut-larut lebih baik segera diselesaikan …..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s