Arifien Manaf Penuhi Panggilan Polisi

Posted: 20/08/2010 in BERITA PROVINSI, HOT NEWS

Mantan Wali Kota Jambi Arifien Manaf, akhirnya memenuhi panggilan penyidik Sat II Dit Reskrim Polda Jambi. Informasi yang didapat, Arifien datang ke Mapolda Jambi, Senin (16/8) lalu. Dia diperiksa terkait kasus video bagi-bagi uang sebesar Rp 300 juta, yang melibatkan 34 anggota DPRD Kota Jambi periode 2004-2009.

Dari hasil pemeriksaan, seperti sebelumnya Arifien tetap mengatakan kepada penyidik, kalau uang itu merupakan pinjaman darinya untuk para mantan anggota dewan.Sementara itu, pemberkasan terhadap 34 mantan anggota dewan yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka, akan dilakukan secara terpisah. Penyidik akan menyiapkan tujuh berkas untuk ke-34 tersangka tersebut.

Kabid Humas Polda Jambi AKBP Almansyah, saat dikonfirmasi kemarin (19/8), mengatakan, penyidik yang dipimpin AKBP Robert A Sormin, telah mengelompokkan para tersangka dalam tujuh berkas perkara. Tiap berkas jumlahnya berbeda-beda. Mulai dari satu orang atau 12 orang, hingga 15 orang.

Menurut Almansyah, penetapan tujuh berkas perkara itu, sesuai dengan kapasitas keterlibatan masing-masing dalam kasus tersebut. Katanya, khusus untuk berkas perkara pertama atas nama tersangka Asmawi, dalam pekan depan sudah siap dan tinggal dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi untuk diteliti tahap awal.

Sedangkan untuk enam berkas perkara lainnya, saat ini masih dilakukan pemeriksaan saksi dan tersangka, untuk melengkapi pemberkasan. Untuk berkas kedua, para tersangka adalah orang-orang yang terekam di dalam rekaman video itu.

Para mantan anggota dewan yang terhormat itu, saat ini mulai diperiksa secara marathon, dalam kapasitas mereka sebagai tersangka. Kasus ini bermula dari laporan LSM ARAK ke Mapolda Jambi. Atas laporan itu, polisi mulai melakukan penyelidikan dengan memanggil para mantan anggota dewan yang menerima uang.

Dugaan sementara, penyidik melihat adanya indikasi yang mengaitkan antara pinjaman uang itu dengan pengesahan perda pada masa pemerintahan Wali Kota Arifien Manaf, karena jarak antara surat pengajuan pinjaman dengan pengesahan Perda tidak terlalu berbeda jauh. (rib)

sumber: jambi independent

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s