Sabtu, Pesta Blogger+ 2010 di Kota Padang

Posted: 27/08/2010 in HOT NEWS, INDONESIA HARI INI

Setelah sukses menyelenggarakan blogshop di Kota Makassar pekan lalu, panitia Pesta Blogger+ 2010 kembali mengadakan kegiatan serupa di Kota Padang. Kegiatan diadakan Sabtu (28/8/2010) mulai pukul 09.00-15.00 WIB di laboratorium komputer atau ICT Center Universitas Negeri Padang.

Tampil 2 pembicara yaitu Iman Brotoseno, blogger profesional yang merupakan Ketua Panitia Pesta Blogger 2009 dan Mbok Venus, Blogger Profesional yang sudah mulai menulis blog sejak 2005.Hal itu diungkapkan Event Manager Pesta Blogger+ 2010 Nia K Sadjarwo bersama rombongan, saat berkunjung ke redaksi News Portal http://www.padang-today.com (Grup Padang Ekspres), Jumat (27/8/2010).

Pada kesempatan yang dihadiri General Manager padang-today.com Dodi Ardiansyah dan Pemred padang-today.com Heri Sugiarto itu, Nia menyebutkan, blogshop di Padang ini diadakan bekerja sama dengan komunitas blogger Sumatera Barat yakni Palanta. Acara ini juga didukung Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Acara dibagi dua sesi yakni blogshop atau blogging dan workshop. Selanjutnya pada sore hingga malam hari, digelar pesta blogger mini. Acara ini berisi kopi darat (kopdar), buka puasa bersama, dan sharing komunitas.

“Acara ini gratis dan terbuka bagi siapapun yang tertarik untuk mengikuti blogshop dan sharing komunitas ini. Pesertanya terbatas antara 40 sampai 50 orang saja,” katanya didampingi

Pada kegiatan yang mengambil tema “Merayakan Keragaman” ini, panitia tidak hanya melibatkan komunitas blogging, tapi juga dari media jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Flickr, Devianart, Koprol, MySpace, atau citizen journalism.

Dodi Ardiansyah mendukung kegiatan berbau teknologi informasi dan kepenulisan ini. Ia mengatakan, blog dan jejaring sosial lainnya dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi salah satu media alternatif yang cukup efektif, dalam melakukan kontrol sosial dan mempengaruhi kebijakan pemerintah.

“Melalui media jejaring sosial, masyarakat secara tidak langsung pun telah menjadi citizen journalism. Karena bisa mengungkapkan apa yang mereka rasakan dan terjadi di sekitarnya, terkait layanan publik seperti kasus Prita Mulyasari saat mengeluhkan layanan di RS Omni Internasional beberapa waktu lalu,” jelasnya.

Nia mengatakan, kali ini Pesta Blogger dirancang untuk melakukan fasilitasi dan menjembatani kebutuhan para blogger yang sangat beragam. Apabila acara di tahun-tahun sebelumnya telah menyatukan para blogger dengan sukses, tahun ini kami tidak akan hanya membawa para blogger untuk berkumpul bersama, tapi juga saling berbagi, saling memahami, dan tentunya saling berkolaborasi.

“Dalam pesta blogger+ 2010 ini orang-orang kreatif di dunia online akan menyaksikan hal-hal hebat yang akan muncul ketika mereka di kumpulkan secara Offline besok,” paparnya.

Sementara itu staf Kedubes AS Dian Agustin dan Aurelia Augustine menyebutkan Amerika Serikat sangat mendukung kegiatan ini karena blog bisa menjadi media untuk menulis, akses informasi dan berekspresi. “Amerika Serikat mendukung kebebasan berekspresi,” katanya.(*)

sumber: http://www.padang-today.com/?today=news&id=20247

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s