PLTU Samaran Beroperasi, Sarolangun Swasembada Energi Listrik

Posted: 30/08/2010 in BERITA PROVINSI, HOT NEWS

Sarolangun adalah kabupaten pertama dan satu-satunya di Prov Jambi yang akan swasembada energi listrik. Ini ditandai dengan beroperasinya PLTU di Desa Samaran, Kecamatan Pauh.

Kadis Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sarolangun, Suhariadi, mengatakan PLTU etrsebut sekarang masih dalam tahap uji coba. Saat beroeprasi nanti, diharapkan arus yang dihasilkan menjadi lebih besar lagi.

Bahkan, direncanakan Dirut PLN pusat, Dahlan Iskan, akan diundang dalam acara peresmian PLTU Samaran nanti. Soal sedikit kerusakan pada mesin induk, Suhariadi dengan tegas menyatakan sudah tak masalah lagi. “Memang benar ada sedikit kerusakan dulunya. Bukan pada mesin induk, tapi mesin genset pendorong. Sekarang sudah mulai dioperasikan,” terangnya.Lebih lanjut Suhariadi menuturkan, PAD Sarolangun dari sektor pertambangan ditargetkan Rp 600 juta (2009) dan berhasil tercapai melebihi target. Sedangkan, pada 2010 nii ditargetkan Rp 1 miliar. Hingga Agustus ini sudah tercapai Rp 976 juta.

“Saya optimis Desember 2010 nanti bisa mencapai target. Untuk diketahui, dari 18 investor batu bara yang melakukan ekploitasi di Sarolangun, baru 3 yang telah menjual yaitu PT JPC, PT TMI, dan PT SGM,” sebutnya.(rul/jenn)

Sumber: Jambi Ekspres

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s