HBA Izinkan Pejabat Pemprov Maju di Pilbup

Posted: 31/08/2010 in BERITA PROVINSI

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) tak mempersoalkan sejumlah pejabat pemerintah provinsi (Pemprov) maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) di kabupaten. “Tidak masalah. Ini berarti makin banyak kader pemprov, calon pemimpin kepala daerah,” katanya saat ditemui usai rapat paripurna di Gedung DPRD Provinsi Jambi, kemarin (25/8).

Selama tidak menganggu kinerja pemerintahan, mantan Bupati Sarolangun itu mempersilahkan pejabat tersebut turun dan melakukan aktivitas sosialisasi. Namun, sesuai dengan undang-undang, mereka harus mundur dari jabatan struktural yang diembannya. “Kalau itu (mundur dari jabatan struktural, red) silakan saja,” katanya.

Lalu, apakah sudah memberikan restu pada pejabat tersebut? HBA mengaku sebagai pemimpin tentu memberikan restu ke seluruh calon. Namun dia buru-buru mengatakan restu bukan berarti memberikan dukungan secara politik.

Seperti diketahui, sejumlah pejabat pemprov maju di sejumlah daerah. Sebagian dari mereka sudah melakukan sosialisasi. Sebut saja Sekretaris KPUD Provinsi Jambi Dahnil Miftah, Kepala Balitbangda A Zaki dan Sekda Provinsi AM Firdaus.

Dahnil Miftah maju di Pemilihan Wali Kota Sungaipenuh. Lalu, A Zaki mulai menjajaki sejumlah parpol untuk maju di Sarolangun. Sementara AM Firdaus kembali turun gunung di Tebo dan kini sudah mendaftar di PAN.

Ketiganya selama ini menyatakan sudah melakukan komunikasi dengan HBA terkait rencananya maju pilkada. Namun, mereka belum ada yang menyampaikan secara khusus. “Kalau ngobrol secara formal sudah,” kata AM Firdaus belum lama ini.

Begitu juga Dahnil. Saat ditemui usai pelantikan Pejabat Wali Kota Sungaipenuh, Selasa lalu, dia menyatakan siap mundur dari pencalonan jika memang tidak mendapatkan izin dari HBA. (nid)
 
 Sumber: Jambi Independent

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s